AC Milan Dikalahkan Spezia, tapi Rafael Leao Sungguh Lagi On Fire

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 19:20 WIB
AC Milans Rafael Leao celebrates after scores against Spezia during a Serie A soccer match between AC Milan and Spezia, at the San Siro stadium in Milan, Italy, Monday, Jan.17, 2022. (AP Photo/Luca Bruno)
Rafael Leao lagi tajam di awal 2022 (AP/Luca Bruno)
Milan -

Tahun 2022 belum genap berjalan sebulan, Rafael Leao sudah unjuk gigi saja. Terakhir, Leao kembali bikin gol meski AC Milan harus kalah dari Spezia.

Leao jadi starter di lini serang bareng Zlatan Ibrahimovic dan Brahim Diaz saat menjamu Spezia di San Siro, Selasa (18/1/2022) dini hari WIB. Milan yang butuh kemenangan bermain menyerang sejak menit awal.

Leao dan Ibrahimovic membuat lini belakang Spezia kelimpungan, terutama dari sisi kiri. Leao dan Theo Hernandez membuat kombinasi luar biasa yang beberapa kali memunculkan peluang untuk Milan.

Theo hampir membawa Milan memimpin di menit ke-43 andaikan penaltinya tidak melebar. Tapi dua menit kemudian Leao membobol gawang Spezia lewat sepakan lob dari jarak dekat meneruskan umpan lambung rekannya.

Gol itu seharusnya membuat Milan lebih bersemangat di babak kedua, tapi yang ada melorot. Milan malah ditekan balik Spezia sepanjang babak kedua dan kebobolan gol Kevin Agudelo di menit ke-64.

Setelah itu, Milan berupaya menekan pertahanan Spezia mencari gol kedua dan sempat mendapatkannya lewat Junior Messias di menit ke-94 tapi dianulir.

Milan mendapat petaka di menit akhir ketika Spezia menjebol jala Mike Maignan lewat Emmanuel Gyasi. Milan pun kalah 1-2 dan gagal menyalip Inter Milan di puncak klasemen Serie A.

Milan kini berjarak dua poin dari Inter (50 poin) yang masih punya satu laga sisa. Peluang juara Milan pun boleh dibilang belum tertutup karena masih ada 17-18 pekan tersisa.

Rafael Leao adalah harapan Milan untuk bisa menjaga peluang juara. Sebab, Leao lagi tampil tajam di awal tahun ini dengan terlibat dalam hadirnya lima gol untuk Milan di seluruh kompetisi.

Rinciannya adalah tiga gol dan dua assist. Dia adalah pemain Serie A paling banyak berkontribusi untuk gol sejauh ini. Leao pun jadi top scorer bersama bareng Ibrahimovic dengan delapan gol.

Ketajaman Leao diharapkan bisa muncul saat Milan menghadapi dua musuh besarnya, yakni Juventus dan Inter Milan, secara beruntun di Serie A. Bisakah dia?

(mrp/cas)