ADVERTISEMENT

Lecce dan Cremonese Kembali Promosi ke Serie A

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 07 Mei 2022 08:30 WIB
Lecce
Lecce hanya butuh dua musim untuk kembali ke Serie A. Foto: Dok. Lecce
Jakarta -

Sejauh ini belum diketahui siapa saja yang akan terdegradasi ke Serie B musim depan. Namun dua tim sudah dipastikan promosi ke Serie A, yakni Lecce dan Cremonese.

Musim reguler Serie B 2021/22 sudah berakhir tadi malam, usai digelarnya giornata ke-38. Siapa yang akan meraih dua tiket promosi langsung ditentukan hingga pekan terakhir.

Sampai pekan ke-37, Leece menempati puncak klasemen dengan torehan 68 poin, disusul Monza yang sudah mengumpulkan 67 poin, disusul oleh Cremonese (66 poin) yang ada di posisi ketiga. Dalam kondisi ini, apapun masih bisa terjadi.

Pada pekan terakhir, Lecce bertemu Pordenone, sedangakan Monza bertandang ke markas Perugia. Adapun Cremonese juga melakukan perjalanan tandang ke markas Como.

Drama pun terjadi. Lecce menang 1-0, mengunci gelar Serie B dengan 71 poin dan kembali tampil di Serie A musim depan setelah sempat terdegradasi pada musim 2019/20. Namun Monza malah menelan kekalahan 0-1 usai Gabriele Ferrarini menjebol gawang mereka di menit ke-85.

Sementara di laga lain, Cremonese berhasil membungkam Como 2-1. Hasil di atas membuat Cremonese naik ke urutan dua klasemen akhir dengan 69 poin dan berhasil meraih promosi ke Serie A untuk pertama kalinya dalam 26 tahun terakhir.

Sementara Monza melorot ke posisi tiga, dan harus menjalani playoff bersama Pisa, Brescia, Ascoli, Benevento, dan Frosinone yang berturut-turut finis urutan 4-8. Playoff Serie B akan berlangsung pada 13-29 Mei mendatang. Hanya satu dari enam tim di atas yang berhak lolos ke Serie A musim depan.

(adp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT