Skenario Juara Liga Italia: Scudetto Milik AC Milan atau Inter Milan?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 18 Mei 2022 16:00 WIB
AC Milans Olivier Giroud, left, celebrates with teammates after scoring his sides second goal during the Serie A soccer match between Inter Milan and AC Milan at the San Siro Stadium, in Milan, Italy, Saturday, Feb. 5, 2022. (AP Photo/Antonio Calanni)
AC Milan dan Inter Milan bersaing memperebutkan gelar juara Liga Italia di pekan terakhir. Foto: AP/Antonio Calanni
Jakarta -

Perebutan gelar juara Liga Italia Serie A akan ditentukan di giornata terakhir. Apakah AC Milan atau Inter Milan yang akan Scudetto?

Rangkaian laga giornata ke-38 Liga Italia Serie A akan digelar pada akhir pekan. Ada dua yang akan menjadi penentu gelar juara Serie A karena melibatkan dua tim asal kota Milan yang masih sengit berebut Scudetto.

Laga penentu gelar juara Liga Italia di akhir pekan:

Minggu, 22 Mei 2022, pukul 23.00 WIB

  • Inter Milan vs Sampdoria
  • Sassuolo vs AC Milan

[Gambas:Opta]

Persaingan memperebutkan gelar juara Liga Italia sendiri relatif tidak kelewat rumit. Ini karena kedua tim berjarak dua angka. Begini skenarionya.

Skenario juara AC Milan

Posisi: 1
Poin: 83 poin

Saat ini AC Milan unggul dua angka dari Inter Milan di posisi kedua. Rossoneri juga unggul head to head atas Nerazzurri musim ini lewat sekali menang dan sekali seri dari dua pertemuannya di Serie A.

Menilik dua kriteria teratas dalam klasifikasi posisi di Serie A Liga Italia adalah poin dan poin head to head, AC Milan pun memiliki keunggulan signifikan atas Inter Milan dalam persaingan.

Dengan demikian AC Milan tinggal butuh hasil seri saat menyambangi Sassuolo untuk bisa memastikan gelar juara, terlepas dari hasil apapun yang diraih oleh Inter Milan.

Skenario juara Inter Milan

Posisi: 2
Poin: 81 poin

Dengan AC Milan memiliki keunggulan poin dan head to head, Inter Milan tetap masih memiliki harapan juara Liga Italia. Tapi La Beneamata tak bisa menentukan "nasibnya" sendiri.

Untuk bisa Scudetto, Inter Milan bukan cuma harus bisa mengalahkan Sampdoria yang datang bertamu. Nerazzurri juga harus berharap AC Milan kalah di tangan Sassuolo. Cuma dengan skenario itu Inter bisa juara Liga Italia.

(krs/nds)