ADVERTISEMENT

Sesal Juventus Gagal Maksimalkan Potensi Ronaldo

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 01 Jul 2022 04:00 WIB
Juventus Cristiano Ronaldo looks on during a Serie A soccer match between Juventus and Genoa, at the Turin Allianz stadium, Italy, Sunday, April 11, 2021. Ronaldo is headed back to Manchester United. The English club said Friday, Aug. 27, 2021, it has reached an agreement with Juventus for the transfer of the 36-year-old Portugal forward, subject to agreement of personal terms, visa and a medical examination. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Juventus mengungkapkan penyesalannya dengan Cristiano Ronaldo. (Foto: AP/Marco Alpozzi)
Turin -

Juventus pernah diperkuat Cristiano Ronaldo selama tiga musim. CEO Juve Maurizio Arrivabene mengungkapkan hal yang mengecewakan setelah merekrut Ronaldo.

Bianconeri mendatangkan pemain terbaik dunia lima kali itu dari Real Madrid dengan tebusan 100 juta euro pada musim panas 2018. Mendapatkan bintang sebesar Ronaldo bisa dibilang mendatangkan keuntungan bagi Juventus baik dari sisi teknis maupun ekonomis.

Ronaldo sendiri sukses menceploskan 101 gol dalam 134 penampilan untuk Juventus di seluruh kompetisi. Penyerang yang kini berusia 37 tahun itu membantu si Nyonya Besar memenangi dua Scudetto, satu Coppa Italia, dan dua Piala Super Italia. Meskipun Juve masih melempem di Liga Champions usai sekali finis perempatfinal dan dua kali beruntun rontok di babak 16 besar.

Namun demikian, harapan Juventus untuk memaksimalkan kehadiran Ronaldo dihantam pandemi COVID-19 yang mulai merebak di awal 2020. Ditambah dengan gaji Ronaldo yang sangat besar pada prosesnya Juve melepas si pemain ke Manchester United pada musim panas tahun lalu.

Setelah ditinggal Ronaldo, Juventus sempat kesulitan sebelum finis keempat di Liga Italia musim lalu. Arrivabene mengakui Juve gagal memaksimalkan potensi Ronaldo, meski dia yakin kepergian si pemain adalah keputusan yang tepat.

"Potensi Ronaldo tidak sepenuhnya terpenuhi karena COVID," ucap Arrivabene kepada Tuttosport. "Sayang sekali karena kehadiran dia tidak sepenuhnya dimanfaatkan, tapi ada fakta yang saya yakini bahwa Juventus itu lebih besar dari pemain manapun."

"Ini adalah sebuah klub dengan aturan-aturan yang tepat dan memiliki sejarah selama 125 tahun, sejarah yang lebih dari seabad tidak ditulis oleh seorang pemain saja."

"Jadi tim selalu lebih penting daripada individual. Juventus ada dan setiap orang di Juventus harus menghormati aturan-aturannya, dimulai dari saya sendiri," lugas Arrivabene menambahkan tentang Cristiano Ronaldo.



Simak Video "Potret Cristiano Ronaldo Gendong Putrinya yang Baru Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT