Napoli Lepas 'Pemain-pemain Tua' demi Amankan Masa Depan

ADVERTISEMENT

Napoli Lepas 'Pemain-pemain Tua' demi Amankan Masa Depan

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 24 Jul 2022 19:40 WIB
NAPLES, ITALY – AUGUST 22: Lorenzo Insigne and Kalidou Koulibaly of SSC Napoli celebrate after the Serie A match between SSC Napoli v Venezia FC at Stadio Diego Armando Maradona on August 22, 2021 in Naples, Italy. (Photo by Francesco Pecoraro/Getty Images)
Koulibaly dan Insigne tinggalkan Napoli di musim panas ini. Foto: Getty Images/Francesco Pecoraro
Naples -

Napoli mendapat protes keras dari suporter karena melepas banyak pemain bintang di musim panas ini. Presiden Aurelio De Laurentiis bersikeras ini dilakukan demi masa depan klub.

Lorenzo Insigne, David Ospina, dan Dries Mertens dilepas secara gratis karena kontrak ketiganya tak diperpanjang. Sedangkan Kalidou Koulibaly berhasil dijual ke Chelsea dengan harga mahal untuk ukuran pemain 31 tahun, yakni 40 juta Euro.

Ditambah Arkadiusz Milik yang dipermanenkan Marseille pada musim panas ini namun sudah tak membela Napoli sejak Januari tahun lalu, maka ada lima pemain senior yang cabut dari skuad. Ini terlihat seperti penurunan kualitas tim.

Tak heran bila suporter berang. De Laurentiis harus menerima hinaan ketika berjumpa fans Napoli di jalan, dan namanya pun dicemooh dalam latihan pramusim klub. Namun produser film 73 tahun itu tetap yakin dengan pendiriannya.

Ia tak bisa lagi membayar para pemain di atas dengan gaji mahal. Jika tak bersedia menerima pengurangan upah di kontrak baru, silakan pergi. Napoli akan membangun ulang tim dengan pemain-pemain muda.

"Saya merasakan cinta yang dicurahkan kepada klub, namun saya tak boleh lupa bahwa sepakbola tak cuma soal gairah, namun juga industri," ujar De Laurentiis kepada Radio Kiss Kiss, dikutip Football Italia.

"Sayangnya, terkadang itu juga berarti menentang apa yang diinginkan suporter. Saat mereka bertanya mengapa tak mempertahankan Mertens, saya bilang bahwa Mertens menawarkan diri untuk lanjut semusim lagi, karena dia tahu sudah 35 tahun dan akan segera pensiun."

"Jika dia menginginkan uang (yang banyak), maka saya harus bilang tidak. Jika saya harus membayar gaji yang tidak proporsional kepada Mertens, itu akan mengambil uang dari anggaran musim depan, yang dibutuhkan untuk merekrut pemain muda."

De Laurentiis mengaku sudah menawarkan gaji kotor 4 juta Euro per musim kepada Mertens untuk bertahan di Napoli, namun itu berarti penurunan dari musim terakhirnya yang mendapat gaji bersih 4,5 juta Euro. Penyerang Belgia itu menolak.

Proposal dengan penurunan gaji juga diberikan kepada Insigne, yang juga ditolak dan memilih pindah ke Toronto FC. Hanya Koulibaly yang diberi kenaikan gaji oleh Napoli, namun bek Senegal itu meminta pindah ke Chelsea, sehingga De Laurentiis tak bisa mencegahnya.

Ospina juga disebut De Laurentiis hijrah ke Arab Saudi untuk membela Al-Nassr karena dipengaruhi oleh kenaikan gaji yang besar. Adapun Milik sudah dibekukan selama setengah musim oleh Napoli sebelum dilepas karena menolak kontrak baru.

(adp/aff)