ADVERTISEMENT

Dear Pogba, Jangan Sampai seperti Umtiti

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 29 Jul 2022 08:40 WIB
PARIS, FRANCE - March 25:  Paul Pogba #6 of France and Samuel Umtiti #5 of France during the France V Iceland, 2020 European Championship Qualifying, Group Stage at  Stade de France on March 25th 2019 in Paris, France (Photo by Tim Clayton/Corbis via Getty Images)
Paul Pogba bisa bernasib seperti Samuel Umtiti jika tidak dioperasi (Corbis via Getty Images/Tim Clayton - Corbis)
Turin -

Paul Pogba boleh jadi lagi bimbang karena cedera lututnya. Sebab, jika memaksa tampil di Piala Dunia 2022, dia bisa saja bernasib seperti Samuel Umtiti.

Nasib sial mendatangi Pogba saat comeback ke Juventus musim panas ini. Baru sekali main di laga pramusim menghadapi Chivas Guadalajara, Pogba malah cedera lutut kanan saat sesi latihan.

Cedera itu disebut muncul sebagai akumulasi dari cedera-cedera yang tidak ditangani dengan baik selama di Manchester United. Alhasil, Pogba harus terbang ke Italia untuk menemui spesialis ortopedi.

Menurut laporan Football Italia, Pogba memang bisa mengambil jalan termudah yakni terapi seperti biasa, tanpa harus menjalani pembedahan. Ini membuatnya bisa tampil di Piala Dunia 2022 November nanti.

Namun, permasalahan di lutut kanan Pogba sudah terbilang akut dan akan kambuhan ke depannya, jika tidak dioperasi. Risiko jangka pendeknya mungkin yang jadi pertimbangan Pogba untuk menjalani operasi.

Sebab, dia akan absen membela Timnas Prancis di Piala Dunia Qatar karena harus beristirahat sampai awal tahun 2023. Pogba pastinya tidak mau melewatkan kesempatan tampil di Piala Dunia dan membantu Prancis mempertahankan gelar juara.

Meski demikian, Pogba juga harus melihat pengalaman kompatriotnya Samuel Umtiti pada Piala Dunia 2018. Umtiti saat itu memilih terus tampil dengan kondisi lutut yang cedera dan berhasil membawa Prancis jadi juara.

Dia adalah palang pintu bersama Raphael Varane serta bikin gol tunggal kemenangan atas Belgia di semifinal. Tapi, dalam empat tahun terakhir, karier Umtiti malah menurun drastis.

Itu karena operasi ligamen lutut yang dilakukan Umtiti terbilang telat dan malah membuatnya rentan cedera. Dia kini terbuang dari tim utama Barcelona dan cuma tampil rata-rata tak sampai 15 pertandingan sejak musim 2018/2019.

Musim lalu, Umtiti bahkan cuma main sekali hingga akhirnya dipaksa turun gaji dan kemungkinan akan dijual musim panas ini. Jadi, pilih mana Paul Pogba?



Simak Video "Intip Isi Hotel dan Apartemen Qatar yang Bakal Sambut Piala Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT