ADVERTISEMENT

Napoli yang (Lebih) Muda, Beda, dan (Tetap) Berbahaya

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 16 Agu 2022 10:10 WIB
Verona -

Napoli membuka Serie A musim ini dengan kemenangan telak 5-2 atas Hellas Verona. Partenopei seolah menjawab keraguan banyak pihak terhadap peluang mereka menjadi penantang juara di tengah regenerasi skuad.

Bukan tanpa alasan keraguan itu muncul. Musim panas ini, sejumlah bintang yang selama ini menjadi penopang kekuatan Napoli memutuskan hengkang, beberapa di antaranya malah lepas secara gratis. Sebut saja Kalidou Koulibaly, David Ospina, Lorenzo Insigne, Dries Mertens, dan Faouzi Houlam.

Eksodus itu bahkan belum usai. Fabian Ruiz yang selama ini menjadi andalan lini tengah juga dilaporkan akan segera pergi dari Naples untuk hijrah ke Paris Saint-Germain. Sebagai gantinya, Napoli membeli pemain-pemain muda macam Kim Min-Jae dan Khvicha Kvaratskhelia.

NAPLES, ITALY – AUGUST 22: Lorenzo Insigne and Kalidou Koulibaly of SSC Napoli celebrate after the Serie A match between SSC Napoli v Venezia FC at Stadio Diego Armando Maradona on August 22, 2021 in Naples, Italy. (Photo by Francesco Pecoraro/Getty Images)Lorenzo Insigne dan Kalidou Koulibaly sudah pergi meninggalkan Napoli musim ini. Foto: Getty Images/Francesco Pecoraro

Regenerasi skuad ini yang membuat Napoi diragukan bisa bersaing di musim ini. Mereka diyakini butuh waktu untuk kembali membangun kekuatan. Apalagi yang pergi bukan pemain-pemain kacangan.

Namun anggapan itu pelan-pelan luntur melihat penampilan mereka di Stadion Marcantonio Bentegodi, Senin (15/8/2022). Muka-muka baru sudah mulai terintegrasi dan para pemain lama. Komunikasi di lapangan terjalin dengan baik.

Kvaratskhelia juga berhasil mencetak gol di laga debut, bersama para 'pemain senior' seperti Victor Osimhen, Piotr Zielinski, Stanislav Lobotka, dan Matteo Politano. Pencetak gol yang berbeda-beda membuat Napoli bisa mengandalkan siapa saja.

VERONA, ITALY - AUGUST 15: Khvicha Kvaratskhelia of SSC Napoli looks at the ball during the Serie A match between Hellas Verona and SSC Napoli at Stadio Marcantonio Bentegodi on August 15, 2022 in Verona, Italy. (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images)Khvicha Kvaratskhelia baru 21 tahun dan sudah mencetak gol dalam debutnya bersama Napoli di Serie A. Foto: Getty Images/Alessandro Sabattini

Mereka bahkan bisa saja menang dengan skor lebih besar andai lebih tenang menyelesaikan sejumlah peluang. Jelas skuad saat ini belum sempurna, namun mencoret Napoli dari daftar calon juara juga rasanya berlebihan.

Apalagi mereka juga masih bergerak di bursa transfer. Masih ada Giovanni Simeone dan Keylor Navas yang berpeluang datang. Itu artinya, Napoli tetaplah memiliki ambisi besar di Serie A.

"Kami perlu waktu, di beberapa situasi masih terlihat betapa mudanya skuad kami, meski pada akhirnya kami memenangkan laga dengan cukup nyaman," ujar pelatih Luciano Spalletti kepada DAZN.

"Kvaratskhelia sesekali masih terlalu naif, tapi dia pemain yang komplet dengan teknik yang bagus. Gol yang ia cetak mengagumkan, lewat sundulan, tapi belum menunjukkan kualitas terbaik. Dia masih bisa lebih baik lagi."

"Kim tampil sempurna, dalam beberapa situasi dia mirip dengan Koulibaly. Saya sejak awal memang yakin kami bisa tampil luar biasa, karena saya melihat para pemain tertarik dan punya determinasi. Terkadang kami perlu lebih kejam dan meningkatkan ritme permainan, tapi para pemain berhak dipuji hari ini," jelas Spalletti.

(adp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT