Januari Kelabu AC Milan

ADVERTISEMENT

Januari Kelabu AC Milan

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 25 Jan 2023 05:40 WIB
ROME, ITALY - JANUARY 24: The delusion of AC Milan Players at the end of the Serie A match between SS Lazio and AC MIlan at Stadio Olimpico on January 24, 2023 in Rome, . (Photo by Danilo Di Giovanni/Getty Images)
Wajah-wajah lesu para pemain Milan usai disikat Lazio 0-4. Foto: Getty Images/Danilo Di Giovanni
Roma -

AC Milan memulai tahun 2023 dengan sederet hasil buruk. Dari enam laga yang sudah dijalani Rossoneri di bulan Januari, hanya satu kemenangan yang berhasil diraih Rafael Leao dkk.

Kemenangan 2-1 atas Salernitana pada 4 Januari membuka tahun baru Milan dengan baik. Mereka berhasil memangkas jarak dengan Napoli yang ada di puncak klasemen Serie A hingga lima poin saja. Milan 36 poin, Napoli 41.

Namun tiga setelahnya berjalan buruk. Hanya dua poin yang berhasil diraih dari maksimal sembilan. Milan secara berturut ditahan imbang AS Roma 2-2, Lecce 2-2, dan terbaru disikat Lazio empat gol tanpa balas pada Rabu (25/1) dini hari WIB.

Sementara Napoli berhasil meraih tiga kemenangan beruntun usai dikalahkan Inter Milan 0-1 pada 4 Januari. Mereka menumbangkan Sampdoria dan Salernitana masing-masing dengan skor 2-0, serta melibas Juventus 5-1 di kandang sendiri.

Akibatnya, jarak poin antara Milan dan Napoli kini melebar menjadi 12 angka. Namun periode kelam tak selesai di situ. Rossoneri juga tersingkir dari 16 besar Coppa Italia usai dibungkam Torino 0-1 dan kalah 0-3 dari Inter di Piala Super Italia.

Total, Milan hanya mendapat satu kemenangan, dua hasil imbang dan menelan tiga kekalahan di awal tahun ini. Mereka juga dipastikan kehilangan dua trofi. Saat ini, peluang menjadi juara, meski berat, tersisa di Serie A dan Liga Champions.

Pelatih Milan, Stefano Pioli mengakui penurunan performa yang dialami timnya. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi.

"Kami harus segera kembali ke Milanello dan bekerja lebih baik, karena sudah jelas kami tidak tampil sesuai kapabilitas kami," ujar Pioli kepada DAZN usai dikalahkan Lazio.

"Banyak hal yang tak berjalan lancar saat ini, ada masalah mental, juga soal taktik, karena kami kebobolan lewat sejumlah situasi yang harusnya bisa kami tangani dengan cara berbeda."

"Saya ada di sini berbicara kepada media hanya karena itu kewajiban saya, kalau tidak saya memilih tetap diam dan bekerja keras memperbaiki ini semua," jelasnya.

Milan selanjutnya akan menghadapi Sassuolo pada Minggu (29/1). Bisa bangkit, Rossoneri?

[Gambas:Opta]

(adp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT