Dari Bellingham hingga Musiala, Ini Deretan Talenta Muda Bundesliga

Angga Laraspati - Sepakbola
Sabtu, 06 Nov 2021 12:03 WIB
MUNICH, GERMANY - OCTOBER 23: Jamal Musiala of FC Bayern München runs with the ball during the Bundesliga match between FC Bayern München and TSG Hoffenheim at Allianz Arena on October 23, 2021 in Munich, Germany. (Photo by Sebastian Widmann/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Foto: Bundesliga Collection via Getty Images/Sebastian Widmann/Bundesliga
Jakarta -

Bundesliga memang kerap melahirkan pemain dengan potensi-potensi hebat. Tak ayal, pemain-pemain muda jebolan liga tertinggi di Jerman ini sudah malang melintang di berbagai klub dunia.

Sebut saja Christian Pulisic yang kini tampil mentereng di Chelsea bersama kompatriotnya Kai Havertz dan Timo Werner yang sama-sama jebolan Liga Jerman. Jangan lupakan juga Jadon Sancho yang kini bermain bagi Manchester United dan ada Ibrahima Konate yang dipercaya berduet bersama Virgil Van Dijk menjaga pertahanan Liverpool dan pemain lainnya.

Dengan hilangnya pemain-pemain tersebut, bukan berarti Bundesliga kehabisan talenta muda. Di Borussia Dortmund misalnya. Die Borussen masih punya nama Erling Haaland, lalu ada nama Giovanni Reyna hingga Youssoufa Moukoko.

Jude Bellingham

Tapi, semua mata tertuju pada pengatur serangan dari Dortmund yang dibeli dari klub kasta dua liga Inggris Birmingham City yaitu Jude Bellingham. Pemuda 18 tahun asal Stourbridge ini memang sudah menjadi andalan lini tengah dari klub yang bermarkas di Signal Iduna Park ini.

Musim ini, Bellingham seakan tak tergantikan di lini tengah dari skuad arahan Marco Rose tersebut. Penampilannya juga patut diacungi jempol. Dari 10 pertandingan di Bundesliga, Bellingham mampu menyumbang 2 gol dan 3 assist dari 865 menitnya di lapangan.

BIELEFELD, GERMANY - OCTOBER 23: Jude Bellingham of Borussia Dortmund looks on during the Bundesliga match between DSC Arminia Bielefeld and Borussia Dortmund at Schueco Arena on October 23, 2021 in Bielefeld, Germany. (Photo by Martin Rose/Getty Images)Foto: Martin Rose/Getty Images

Bek veteran Dortmund Mats Hummels bahkan mengakui Jude Bellingham berada di level yang lain. Bahkan dibandingkan dengan pemain seperti Mario Gotze hingga Pulisic yang pernah bermain bersama Hummels, Bellingham disebut berada di level lain.

"Mario Götze sudah menjadi pemain sepak bola yang luar biasa pada usia itu, dia menganggap sepak bolanya sangat serius. Tapi Jude adalah pemain berusia 18 tahun paling matang yang pernah saya lihat. Dia sudah menjadi pemimpin dan juga salah satu yang paling vokal dalam tim," kata Hummels dikutip dari website resmi Bundesliga, Jumat (5/11/2021).

"Dia pemain sepak bola yang fantastis, dan pria yang fantastis. Saya pikir saya sudah mengatakan kepadanya sekitar 25 kali sekarang bahwa saya hanya mencintainya. Dia sedang dalam perjalanan ke puncak, tidak ada keraguan tentang itu," sambungnya.

Jamal Musiala

Nama lainnya yang sudah jadi tulang punggung bagi timnya adalah pemuda 18 tahun asal Jerman, Jamal Musiala. Walau usianya masih sangat belia, tapi Musiala sudah bermain dalam 9 pertandingan bersama Bayern Munchen.

Nampaknya pelatih Julian Nagelsmann melihat potensi yang ditunjukan oleh pemuda ini. Hal itu pun langsung dibayar kontan dengan penampilan apik Musiala yang sudah mencetak 2 gol dan 3 assists di Bundesliga.

Meskipun baru bekerja sejak awal Juli, Julian Nagelsmann telah melihat potensi besar yang dimiliki Jamal Musiala. Dari penampilannya juga, membuatnya percaya Musiala memiliki karir yang panjang dan sukses di depannya

"Dia memiliki potensi yang luar biasa. Ini luar biasa. Dia memiliki kualitas finishing yang hebat. Kualitas menyerang yang luar biasa juga dalam dribbling-nya dengan bola," ujar Nagelsmann.

"Dia membenarkan kepercayaan saya (padanya). Dia melakukannya dengan sangat baik. Dia memiliki dasar untuk karir yang luar biasa," lanjutnya.

Langsung klik halaman berikutnya >>>