Dari Bellingham hingga Musiala, Ini Deretan Talenta Muda Bundesliga

Angga Laraspati - Sepakbola
Sabtu, 06 Nov 2021 12:03 WIB
MUNICH, GERMANY - OCTOBER 23: Jamal Musiala of FC Bayern München runs with the ball during the Bundesliga match between FC Bayern München and TSG Hoffenheim at Allianz Arena on October 23, 2021 in Munich, Germany. (Photo by Sebastian Widmann/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Foto: Bundesliga Collection via Getty Images/Sebastian Widmann/Bundesliga

Joshua Kimmich

Musiala tak sendiri, ada nama Joshua Kimmich seorang gelandang bertahan yang sedari muda sudah mengasah performanya di Die Roten. Kimmich bahkan disebut bakal menjadi pemain kelas dunia oleh mantan pelatihnya yang kini membesut timnas Jerman, Hansi-Flick.

Kala itu melepas jabatannya ke Nagelsmann, Flick meramalkan suksesornya tersebut akan memiliki banyak kesenangan dengan tim yang ditinggalkannya. Bagaimana tidak, Bayern Munchen dihuni oleh pemain papan atas dan salah satunya adalah Kimmich.

Usia yang cukup matang yaitu 26 tahun membuatnya menjadi jenderal lapangan tengah bagi tim yang bermarkas di Allianz Arena ini. Kimmich pun sudah tampil sebanyak 10 kali dengan sumbangan 3 gol dan 4 assists.

Wajar saja, Kimmich dengan cepat menjadi favorit bagi Hansi Flick di Bayern Munich, dan kemungkinan akan terulang bagi tim nasional Jerman di masa depan.

"Saya pikir jika dia berhasil menyalurkan ambisinya yang luar biasa sedikit lebih baik dan mengarahkannya ke arah yang benar, maka dia bisa menjadi pemain terbaik dunia. Dia sudah menjadi pemain kelas dunia di beberapa posisi tetapi dia bisa mengambil langkah lain - dan saya harap dia melakukannya," ujar Flick.

Florian Wirtz

Jangan lupakan juga nama Florian Wirtz, gelandang serang berusia 18 tahun yang saat ini menjadi jantung bagi lapangan tengah Bayern Leverkusen. Wirtz bahkan menjadi gelandang produktif yang sudah mencetak 4 gol dan juga 6 assists dari 9 pertandingan bersama Leverkusen.

Christopher Nkunku

FREIBURG IM BREISGAU, GERMANY - OCTOBER 16: Christopher Nkunku of Leipzig in action against Nicolas Hfler of Freiburg during the Bundesliga match between Sport-Club Freiburg and RB Leipzig at Europa-Park-Stadion on October 16, 2021 in Freiburg im Breisgau, Germany. (Photo by Alexander Scheuber/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)Foto: Bundesliga Collection via Getty Images/Alexander Scheuber/Bundesliga

Ada juga Christopher Nkunku, pemain berpaspor Prancis yang menjadi pengatur serangan RB Leipzig. Pemain berusia 23 tahun itu seakan menjadi pemain yang paling menonjol usia Leipzig ditinggal Marcel Sabitzer ke München.

Pelatih Jesse Marsch boleh gembira karena Nkuku tampil impresif di lini tengah Leipzig. Dari 10 pertandingannya di Bundesliga, gelandang serang ini sudah mencetak 4 gol dan 4 assists.

Dominik Szoboszlai

Die Roten Bullen juga masih punya nama Dominik Szoboszlai, pemain sayap 21 tahun asal Hungaria yang sudah mencetak 3 gol dan 3 assists dari 9 pertandingan. Hingga bek muda potensial dari Kroasia yaitu Josko Gvardiol yang baru berusia 19 tahun dan sudah tampil 9 kali.

Dari beberapa nama di atas, menunjukkan Liga Jerman merupakan rumah bagi talenta muda untuk mengasah bakatnya menjadi pemain kelas dunia. Apalagi, Bundesliga adalah liga sepak bola dengan skor tertinggi di Eropa dan menawarkan permainan mendebarkan setiap akhir pekan.

Dengan klub-klubnya yang unik, pengembangan pemuda yang ekstensif, dan inovasi yang sangat teknis, Bundesliga menawarkan sepak bola sebagaimana mestinya. Liga tertinggi Jerman ini juga mengutamakan penggemar dengan aturan 50+1, yang memastikan para penggemar tetap memegang kendali atas klub mereka.

Dalam kampanye #YouAreTheBundesliga baru-baru ini, liga menyoroti pentingnya para penggemar di seluruh dunia karena merekalah yang menjadikan Bundesliga seperti sekarang ini. Maka daripada itu, jangan lupa saksikan Bundesliga yang disiarkan secara langsung lewat partner Bundesliga di Indonesia dan memiliki hak siar untuk menyiarkan setiap pertandingan.

Sertakan juga hashtag #YouAreTheBundesliga pada postingan sosial media setiap menonton pertandingan!


(ncm/ega)