Xabi Alonso Jadi Pelatih Anyar Bayer Leverkusen

ADVERTISEMENT

Xabi Alonso Jadi Pelatih Anyar Bayer Leverkusen

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 06 Okt 2022 06:40 WIB
Spains retired midfielder Xabi Alonso arrives to attend a court hearing for tax evasion in Madrid on January 22, 2019. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Xabi Alonso jadi pelatih baru Bayer Leverkusen. (Foto: Pierre-Philippe Marcou / AFP)
Leverkusen -

Xabi Alonso ditunjuk sebagai pelatih baru Bayer Leverkusen. Legenda Timnas Spanyol itu diikat kontrak Die Werkself selama dua tahun.

Leverkusen resmi memecat pelatih kepala mereka, Gerardo Seone, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB. Juru taktik asal Swiss itu didepak menyusul jebloknya prestasi tim, yakni peringkat 17 hingga pekan kedelapan Liga Jerman.

Leverkusen langsung menyiapkan pengganti Seone. Pilihan jatuh kepada mantan bintang Liverpool dan Real Madrid, Alonso.

"Bayer 04 Leverkusen telah berpisah dengan pelatih kepala Gerardo Seoane. Pelatih asal Swiss itu diikuti oleh Xabi Alonso yang terikat kontrak hingga 30 Juni 2024," begitu isi pernyataan resmi Bayer Leverkusen.

Alonso akan diperkenalkan sebagai pelatih anyar tim pada Kamis siang waktu setempat. Juru taktik 40 tahun itu mengaku tertarik dengan proyek yang ditawarkan Leverkusen.

"Saya tahu Leverkusen sebagai klub yang luar biasa dari waktu saya di Jerman. Bayer 04 selalu memiliki pemain hebat dan saya melihat banyak kualitas di skuat saat ini," kata Alonso.

"Dalam diskusi saya dengan klub, target ambisius masih menjadi tujuan terlepas dari situasi sulit saat ini. Pekerjaan ini benar-benar menarik bagi saya dan saya yakin kami dapat memenuhi harapan," pungkasnya.

Alonso pernah merasakan atmosfer Liga Jerman semasa membela Bayern Munich pada 2014 hingga pensiun di sana tiga tahun berikutnya. Dia mulai merintis karier sebagai pelatih pada 2018.

Xabi Alonso baru punya pengalaman membesut dua tim sebelum gabung ke Bayer Leverkusen. Dua klub yang pernah dilatihnya yakni Real Madrid U-14 (2018-2019) dan Real Sociedead B (2019-2022).



Simak Video "Bundesliga Comeback!"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/raw)

ADVERTISEMENT