sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 21 Jul 2020 11:40 WIB

Ballon d'Or 2020 Absen, Barca Bilang Begini Sambil Bawa-bawa Messi

Kris Fathoni W - detikSport
Barcelonas Argentinian forward Lionel Messi reacts after winning the Ballon dOr France Football 2019 trophy at the Chatelet Theatre in Paris on December 2, 2019. - Lionel Messi won a record-breaking sixth Ballon dOr on Monday after another sublime year for the Argentinian, whose familiar brilliance remained undimmed even through difficult times for club and country. (Photo by FRANCK FIFE / AFP) Ballon d'Or 2020 Absen, Barcelona Bilang Begini Sambil Bawa-bawa Messi. (Foto: FRANCK FIFE / AFP)
Jakarta -

Takkan ada penganugerahan Ballon d'Or di tahun 2020 ini. Klub raksasa Spanyol Barcelona merespons pengumuman itu dengan membawa-bawa megabintangnya, Lionel Messi.

Untuk kali pertama sejak 1956, takkan ada penghargaan Ballon d'Or yang lazimnya rutin diserahkan ke pesepakbola terbaik dunia tiap tahun sekali. Majalah France Football, selaku inisiator penghargaan itu, menyebut 2020 tidaklah bisa dianggap sebagai tahun pada umumnya.

Hal itu tidak lepas dari pandemi COVID-19, yang turut berimbas pada musim kompetisi olahraga khususnya sepakbola. Kompetisi liga-liga di Eropa sempat harus ditunda, bahkan ada pula yang disetop lebih dini, dan Piala Eropa yang harusnya dihelat tahun ini pun mundur ke tahun 2021 mendatang.

Dalam pernyataannya, France Football mengatakan bahwa acara pemberian penghargaan Ballon d'Or 2020 sulit dilakukan seperti biasa. Salah satunya karena mereka risau sulit memberi penghargaan pemain terbaik dunia itu dengan seadil-adilnya.

Penghargaan Ballon d'Or sendiri mulai diberikan ke pesepakbola terbaik dunia pada satu tahun kalender sejak 1956. Sir Stanley Matthews dari Inggris menjadi sosok pertama peraih penghargaan tersebut.

Menilik jumlah, Lionel Messi adalah sosok peraih Ballon d'Or paling sering dengan koleksi enam trofi termasuk pada tahun 2019 lalu. Nah, Barcelona pun meyakini bahwa Messi lagi yang akan menang andaikata acara pemberian penghargaan itu tak absen tahun ini.

Hal itu dilontarkan Barcelona lewat akun Twitter resminya, menyusul pengumuman takkan ada pemberian penghargaan Ballon d'Or pada tahun ini.

"Kami paham. Lagipula semua orang sudah tahu siapa yang terbaik," cuit akun Twitter Barcelona, seraya memasang foto Lionel Messi beserta koleksi Ballon d'Or miliknya.



Menurut detikers, apakah Lionel Messi memang layak meraih Ballon d'Or tahun ini jika acara penghargaan itu tetap dilangsungkan?



Simak Video "Ballon d'Or Dream Team: Ronaldo-Messi Bersatu"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com