sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 30 Okt 2020 12:45 WIB

Pembelian Barcelona di Era Bartomeu: Luis Suarez sampai Pjanic

Kris Fathoni W - detikSport
FC Barcelonas president Josep Maria Bartomeu attends a news conference at Camp Nou stadium in Barcelona, Spain December 20, 2016. REUTERS/Albert Gea Pembelian Barcelona di Era Bartomeu: Luis Suarez sampai Pjanic. (Foto: REUTERS/Albert Gea)
Jakarta -

Josep Maria Bartomeu telah mundur sebagai presiden Barcelona. Termasuk Luis Suarez dan Miralem Pjanic, berikut pemain yang dibeli Barcelona pada eranya Bartomeu.

Keputusan mundur Bartomeu diumumkan pada tengah pekan ini. Hal itu menyusul tekanan besar yang terus mengarah kepada pria 57 tahun tersebut selama beberapa waktu terakhir.

"Saya sudah memberitahukan soal pengunduran diri saya sebagai presiden klub, beserta seluruh jajaran petinggi klub. Keputusan ini sudah diambil secara seksama dan tanpa tekanan, yang disepakati oleh seluruh direksi," katanya saat itu.

Josep Maria Bartomeu tercatat mulai menjadi presiden Barcelona per 23 Januari 2014. Di bawah kepemimpinannya, klub Catalan itu tercatat meraih sejumlah gelar juara yakni tiga titel LaLiga, empat Copa del Rey, dua Piala Super Spanyol, dan masing-masing satu gelar juara di ajang Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Namun, tekanan besar datang ke arah Josep Maria Bartomeu menyusul tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions musim lalu setelah kalah 2-8 dari Bayern Munich. Barca pun nirgelar di musim 2019/2020.

Saga transfer Lionel Messi, dan aktivitas transfer Barcelona lain pada musim panas termasuk Luis Suarez, turut menambah sorotan terhadap kepemimpinan Bartomeu. Apalagi ada pula mosi tidak percaya yang tertuju kepadanya. Ia pun akhirnya mundur.

Dengan kata lain, berakhir pula era kepemimpinan Josep Maria Bartomeu di Barcelona (23 Januari 2014-27 Oktober 2020). Barcelona punya waktu maksimal 90 hari untuk mengadakan pemilihan presiden baru. Bakal ada manajemen sementara untuk menjalani roda klub sehari-hari sampai pemilu selesai diadakan.

Sehubungan dengan itu, Bartomeu tercatat sudah pernah membeli sejumlah pemain semasa jadi presiden Barcelona. Beberapa sukses bersinar, dan masih jadi andalan, walaupun ada pula yang tak memenuhi ekspektasi dan sudah dilepas.

Berikut daftar pemain yang dibeli Barcelona semasa era Josep Maria Bartomeu, tidak termasuk pemain dengan status pinjaman:

2014-2015: Luis Suarez, Ivan Rakitic, Thomas Vermaelen, Marc-Andre ter Stegen, Claudio Bravo, Jeremy Mathieu, Douglas
2015-2016: Arda Turan, Aleix Vidal
2016-2017: Andre Gomes, Paco Alcacer, Samuel Umtiti, Lucas Digne, Jasper Cillesen, Denis Suarez
2017-2018: Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, Yerry Mina, Paulinho, Nelson Semedo, Gerard Deulofeu, Marlon Santos
2018-2019: Malcom, Clement Lenglet, Arthur Melo, Arturo Vidal, Jean-Clair Todibo
2019-2020: Antoine Griezmann, Frenkie de Jong, Neto, Junior Firpo, Martin Braithwaite, Emerson, Marc Cucurella
2020-2021: Miralem Pjanic, Francisco Trincao, Sergino Dest, Matheus Fernandes, dan Pedri.

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com