Ini 4 Calon Kuat Presiden Barcelona

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 13 Jan 2021 07:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - APRIL 04:  The Barcelona logo is seen on a flag waving above the stadium prior to the UEFA Champions League Quarter Final Leg One match between FC Barcelona and AS Roma at Camp Nou on April 4, 2018 in Barcelona, Spain.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Ada empat kandidat kuat yang akan maju jadi presiden Barcelona. (Foto: Getty Images/Mike Hewitt)
Barcelona -

Pemilihan Presiden Barcelona sebentar lagi digelar. Sejauh ini, ada 4 kandidat kuat yang bersaing. Siapa saja?

Barcelona akan melangsungkan pemilihan presiden pada 24 Januari 2021. Sorotan jelas tertuju, pada siapa yang bakal menggantikan Josep Maria Bartomeu.

Bartomeu, yang menjadi presiden sejak 2014 lalu baru mundur pada Oktober 2020 lalu, dinilai gagal membawa perubahan Barcelona ke arah yang lebih baik. Di akhir jabatannya, ia bahkan membuat 'gaduh'.

Meski bisa membawa Barcelona meraih sejumlah trofi, di antaranya empat titel LaLiga dan sekali Liga Champions, Bartomeu dinilai gagal membuat proyek jangka panjang di klub. Hal itu yang sempat dikecam megabintang klub, Lionel Messi, yang sampai mengancam bakal hengkang beberapa waktu lalu.

Tak ayal, kandidat presiden Barcelona akan dihadapkan tugas berat. Selain, tentu saja, membawa trofi, mereka juga diharapkan bisa membuat Barcelona berjaya lagi.

Sebelumnya, ada delapan orang yang maju sebagai kandidat presiden Barcelona. Mereka adalah Agusti Benedito, Jordi Farre, Lluis Fernandez Ala, Victor Font, Toni Freixa, Joan Laporta, Emili Rousaud, dan Xavi Vilajoana.

Pada Selasa (12/1/2021) waktu setempat, Barcelona merilis 4 kandidat yang melewat ambang batas suara yang dibutuhkan untuk maju menjadi presiden Barcelona. Mereka adalah Joan Laporta, Victor Font, Emili Rousaud, dan Toni Freixa.

Keempatnya telah mendapat minimal tanda tangan dukungan dari anggota klub, sebanyak 2.257 untuk bisa maju ke tahap berikutnya. Sementara sisanya dinyatakan gugur.

Dari keempatnya,Laporta sementara memimpin dengan dukungan mencapai 10.257 tanda tangan, disusul Font (4.710),Freixa (2.821), danRosaud (2.510). Berikut detikSport rangkum profil masing-masing kandidat.

Profil Laporta, Font, Freixa, dan Rousaud