Barcelona Lagi Krisis Keuangan, Ruang Ganti Tim Aman

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 03 Feb 2021 00:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - JANUARY 31: Antoine Griezmann of Barcelona (L) celebrates with teammates after scoring their teams second goal during the La Liga Santander match between FC Barcelona and Athletic Club at Camp Nou on January 31, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)
Para pemain Barcelona tak terpengaruh isu krisis ekonomi yang melanda klubnya. (Foto: Getty Images/Alex Caparros)
Barcelona -

Barcelona digonjang-ganjing isu kesulitan keuangan yang melanda klub. Beruntung, situasi tersebut tidak berpengaruh ke para pemain di ruang ganti.

Barcelona belakangan ini santer diberitakan di ambang kebangkrutan. Hal ini tak lepas dari kondisi finansial klub yang memprihatinkan, sebagai dampak dari pandemi virus Corona.

Tidak adanya pemasukan dari tiket penonton dan penjualan merchandise klub membuat neraca ekonomi Barcelona menjadi tidak balans. Blaugrana dilaporkan memotong gaji pemain untuk mengurangi pengeluaran, hingga harus menanggung utang.

Tidak tanggung-tanggung, Barcelona menumpuk utang sebesar 1.173 juta euro (Rp 20 triliun), dengan 730 juta euro di antaranya jatuh tempo dalam jangka pendek. Los Cules bahkan masih menyimpan tunggakan yang harus dibayarkan ke 19 klub yang pernah bertransaksi dengan mereka.

Masalah di Barcelona semakin runyam ketika surat kabar El Mundo mempublikasikan salinan kontrak Lionel Messi di Camp Nou, Minggu (31/1/2021). La Pulga rupanya mendapat bayaran mencapai 555 juta euro (Rp 9,4 triliun) selama empat tahun kontraknya sejak 2017 hingga 2021.

Jumlah fantastis yang diterima Messi, hingga hampir separuh dari total utang Barcelona, membuatnya mendapat cap negatif dan serakah dari berbagai pihak. Tudingan-tudingan miring seperti itu kabarnya semakin memantapkan niat mega bintang 33 tahun itu angkat kaki di akhir musim.

Segala permasalahan yang membelit Barcelona saat ini rupanya tidak diambil pusing oleh para penggawanya. Hal itu disampaikan Frenkie de Jong yang menyebut dirinya dan rekan-rekan setimnya tak terpengaruh isu-isu tersebut.

"Kami tidak terpengaruh oleh semua yang terjadi di luar. Ruang ganti kami terlindungi," kata De Jong kepada Mundo Deportivo.

Ucapan De Jong dibuktikan lewat performa apik Barcelona sejak awal tahun 2021. Skuad asuhan Ronald Koeman itu menyapu bersih lima kemenangan di Liga Spanyol, sehingga membawa mereka naik ke urutan kedua klasemen sementara dengan 40 poin.



Simak Video "#Sadseptember, Perasaan Fans Barca Ditinggal Messi dan Griezmann"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/pur)