Kandidat Pilpres Barca yang Satu Ini Janjikan Gaet Firmino?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 11 Feb 2021 17:40 WIB
SOUTHAMPTON, ENGLAND - JANUARY 04: Roberto Firmino of Liverpool reacts during the Premier League match between Southampton and Liverpool at St Marys Stadium on January 04, 2021 in Southampton, England. The match will be played without fans, behind closed doors as a Covid-19 precaution. (Photo by Adam Davy - Pool/Getty Images)
Kandidat Pilpres Barca yang Satu Ini Janjikan Gaet Firmino? (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Roberto Firmino, bintang Liverpool, dijanjikan bakal gabung ke Barcelona. Hal itu disebut sebagai janji dari salah satu kandidat yang akan maju di pemilihan presiden Barcelona.

Proses pemilihan presiden baru klub Catalan itu akan dilangsungkan pada bulan Maret mendatang, mundur dari agenda sebelumnya di bulan Januari. Jika sebelumnya proses untuk memilih orang nomor satu yang baru di FC Barcelona itu rencananya dihelat pada 24 Januari, kini agendanya mundur ke 7 Maret akibat salah satu imbas dari pandemi COVID-19.

Sebelum ini, Barcelona juga sudah merilis 4 kandidat yang melewati ambang batas suara yang dibutuhkan untuk maju menjadi presiden Barcelona. Mereka adalah Joan Laporta, Victor Font, Emili Rousaud, dan Toni Freixa.

Dari keempat nama tersebut, menurut rilis data pada bulan Januari lalu, Laporta memimpin dengan dukungan mencapai 10.257 tanda tangan, disusul Font (4.710), Freixa (2.821), dan Rosaud (2.510).

Nah, kandidat paling kuat dalam daftar itulah yang menjanjikan Roberto Firmino akan didatangkan ke Barcelona dari Liverpool. Ya, ia adalah Joan Laporta. Menurut janji kampanyenya, Laporta akan menjadikan Firmino pemain Blaugrana jika dirinya terpilih.

Menurut Diario Gol, Joan Laporta juga sudah menghubungi pihak Firmino untuk melakukan penjajakan awal guna merekrutnya di musim panas. Pendekatan itu sendiri tidak lepas dari sorotan terhadap si pemain 29 tahun asal Brasil.

Musim ini performa Firmino, yang didatangkan pada tahun 2015, dinilai redup. Bahkan Jamie Carragher, legenda Liverpool, sempat mempertanyakan ketajamannya.

"Saya yakin (Sadio) Mane dan (Mo) Salah akan mencetak gol lagi, tapi saya risau dengan Firmino. Ia tak pernah jadi pemain tumpuan dalam bikin gol karena itu adalah tanggung jawab dua pemain lainnya, tapi ia harus ada di sana untuk membantu."

Dengan situasi tersebut, ada rumor bahwa Juergen Klopp mungkin bakal bersedia melepas Firmino di musim panas agar bisa merekrut pemain baru. Andaikata demikian, Barcelona sudah siap menampungnya.

Disebutkan lebih lanjut, potensi kedatangan Firmino ke Barcelona juga sebagai bentuk antisipasi mengingat pemain seperti Martin Braithwaite dan Philippe Coutinho kemungkinan juga akan dilepas Bluagrana di musim panas. Apalagi masa depan Lionel Messi pun masih terus saja dispekulasikan.

(krs/rin)