Pedri ke Olimpiade Tokyo, Koeman: Lebih Baik Istirahat Saja!

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 19 Jul 2021 11:07 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 16: Pedri of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RC Celta at Camp Nou on May 16, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Pedri memperkuat Spanyol di Olimpiade Tokyo. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Pedri masuk ke skuad sepakbola Spanyol untuk tampil di Olimpiade Tokyo. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, sebetulnya lebih senang jika Pedri istirahat.

Pedri tampil mengesankan bersama Barcelona besutan Koeman sepanjang musim 2020/2021. Alhasil, Luis Enrique membawa Pedri ke skuad Spanyol di ajang Euro 2020.

Meski usianya masih 18 tahun, Pedri selalu menjadi starter di Euro 2020 hingga Spanyol menembus semifinal. Dia cuma satu kali pula ditarik keluar saat Spanyol mengalahkan Swiss di perempatfinal lewat adu penalti.

Pedri kemudian kembali memperkuat tim sepakbola Spanyol di ajang Olimpiade Tokyo. Spanyol berada di Grup C dan memulai laga awal melawan Mesir, Kamis (22/7/2021). Selanjutnya berhadapan dengan Australia dan Argentina.

Koeman sejatinya berat hati melihat Pedri ikut ke Olimpiade. Pelatih Barcelona asal Belanda tersebut lebih ingin pemainnya istirahat saja selepas tampil di Euro 2020.

"Pedri telah banyak bermain. Kami harus memberinya istirahat, semua orang membutuhkannya selama musim panas (Eropa)," kata Koeman seperti dikutip dari Sport.

"Seperti yang dikatakan Pep Guardiola, bermain di dua turnamen penting di musim panas terlalu berlebihan, tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa," sambungnya.

"Kejuaraan Eropa Pedri sangat fenomenal. Pada usia 18 tahun dia telah memainkan hampir semua pertandingan lengkap, dengan kedewasaan yang mengesankan."

Koeman juga tak lupa memuji Pedri. Pemainnya itu dinilai patut dicontoh oleh para pesepakbola muda lainnya.

"Sepakbolanya terus meningkat dan dia adalah anak yang sangat jujur dan tenang. Dia hidup untuk sepakbola. Dia adalah contoh bagaimana menjadi seorang pemuda di Barca."

"Penting bagi sepakbola akar rumput kami, bahwa pemain muda melihat bahwa berada di klub yang memberi mereka peluang," Koeman menegaskan.

(ran/krs)