Barcelona Akan Pangkas Gaji Para Pemain Bintang, Siapa Saja?

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 20 Jul 2021 00:01 WIB
Picture shows a exterior view of the Camp Nou stadium in Barcelona on September 4, 2020. - Lionel Messi confirmed today he will stay at Barcelona, insisting he could never go to court against
Barcelona ingin memangkas gaji para pemain di tengah pandemi. Foto: AFP/PAU BARRENA
Jakarta -

Barcelona terus berupaya menyehatkan neraca keuangan klub di tengah krisis. Langkah terbaru, manajemen Blaugrana ingin merestrukturisasi gaji para pemain bintang mereka.

Dilaporkan Marca, ada sejumlah pemain yang akan dibujuk agar bersedia dikurangi gajinya, di antaranya Sergio Busquets, Jordi Alba, Gerard Pique, dan Sergi Roberto. Semuanya merupakan pemain senior Barcelona.

Direktur Olahraga Mateu Alemany telah melakukan kontak awal dengan para agen pemain di atas, menjelaskan maksud keinginan klub. Rencananya, pertemuan lanjutan akan digelar pekan ini.

Belum diketahui secara pasti seberapa besar pengurangan gaji yang diinginkan oleh Barcelona, namun ada kabar reduksi upah tersebut ditargetkan mencapai 40 persen dari kontrak awal.

Negosiasi ulang ini diperkirakan tak akan mudah diselesaikan, mengingat para pemain tak suka menerima pengurangan gaji tersebut. Namun Barcelona akan terus berusaha demi menyehatkan keuangan klub.

Sebelum pertemuan ini dilakukan, Presiden Barcelona Joan Laporta ingin memastikan lebih dulu bahwa bahwa Lionel Messi setuju memperpanjang kontraknya di Barcelona, dengan pemotongan gaji sebesar 50 persen dari kontrak sebelumnya.

Jika Messi setuju, maka akan lebih mudah untuk membujuk para pemain lain melakukan hal serupa.

Barcelona memang ingin mempertahankan Messi di tengah kondisi finansial yang cekak. Untuk mewujudkan hal itu, meminta kesediaan para pemain yang bertahan untuk dikurangi gajinya merupakan pilihan masuk akal, di samping menjual para pemain lama yang tak lagi dibutuhkan.

Dengan bertahannya Messi, diharapkan performa Barcelona di lapangan bisa tetap gemilang, selain berharap dana sponsor yang masuk karena faktor Messi bisa meningkatkan pendapatan klub.

(adp/nds)