Busquets-Alba Potong Gaji, Barca Bisa Daftarkan Aguero

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 01 Sep 2021 00:00 WIB
BILBAO, SPAIN - AUGUST 21: Memphis Depay of FC Barcelona celebrates with teammates Jordi Alba and Sergio Busquets after scoring his sides first goal during the LaLiga Santander match between Athletic Club and FC Barcelona at San Mames Stadium on August 21, 2021 in Bilbao, Spain. (Photo by Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)
Sergio Busquets dan Jordi Alba sepakat potong gaji di Barcelona (Getty Images/Juan Manuel Serrano Arce)
Barcelona -

Barcelona akhirnya bisa mendaftarkan Sergio Aguero. Ini setelah Sergio Busquets dan Jordi Alba setuju dipotong gajinya.

Barcelona memang mengalami krisis keuangan karena pandemi Covid-19, sehingga utangnya menggunung, mencapai lebih dari 1 miliar euro.

Oleh karenanya, LaLiga memutuskan untuk menerapkan salary cap untuk Barcelona, hanya boleh maksimal 75 persen dari total pemasukan klub musim ini. Ini pula yang membuat Lionel Messi akhirnya cabut karena tak bisa diperpanjang kontraknya.

Sekalipun Messi tidak digaji, prosentase gaji Barcelona sudah mendapai 95 persen dari total pemasukan. Alhasil, Barcelona harus melepas banyak pemainnya dan bahkan tidak bisa mendaftarkan pemain barunya.

Padahal Eric Garcia, Memphis Depay, dan Sergio Aguero didatangkan cuma-cuma. Barcelona bisa mendaftarkan Memphis dan Garcia setelah Gerard Pique mau dipotong gajinya.

Butuh waktu lama untuk Barcelona meyakinkan agar para pemain top lainnya yang bergaji tinggi untuk meniru langkah Pique. Akhirnya kapten dan wakil kapten, Sergio Busquets serta Jordi Alba, mau melakukannya.

Busquets dan Alba per Selasa (31/8/2021), setuju untuk dipotong gajinya hingga 50 persen. Busquets awalnya mendapat sekitar 258 ribu euro per pekan, lalu Alba mendapat 150 ribu euro per pekan. Ini semua sudah dipotong pajak.

"Setelah dua kapten utama kami Sergio Busquets dan Jordi Alba, sepakat dipotong gajinya, maka FC Barcelona bisa melakukan dua hal: yakni mendaftarkan Sergio Aguero ke LFP dan memperpanjang batas waktu klub terkait aturan finansial," ujar pernyataan resmi Barcelona.

BARCELONA, SPAIN - MAY 31: Sergio Aguero reacts as he is presented as a Barcelona player at the Camp Nou Stadium on May 31, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)Barcelona bisa daftarkan Sergio Aguero Foto: Getty Images/David Ramos

"Sergio dan Jordi Alba sepakat untuk mengubah isi kontrak termasuk pemotongan gaji untuk musim ini dan penundaan pembayaran sisa gaji di sisa masa kontraknya."

Kini Barcelona pun bisa mendaftarkan Sergio Aguero sebagai pemain baru mereka. Sayangnya, Aguero masih harus absen hingga Oktober karena mengalami cedera paha.

(mrp/rin)