Barcelona Sepakat Bayar Pesangon Ronald Koeman

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 27 Nov 2021 02:00 WIB
Barcelonas head coach Ronald Koeman heads back down the tunnel at half time during a Spanish La Liga soccer match between Rayo Vallecano and FC Barcelona at the Vallecas stadium in Madrid, Spain, Wednesday, Oct. 27, 2021. (AP Photo/Manu Fernandez)
Barcelona membayarkan pesangon Ronald Koeman. (Foto: AP/Manu Fernandez)
Barcelona -

Barcelona sepakat membayarkan pesangon kepada mantan pelatihnya, Ronald Koeman. Segini jumlah pesangonnya.

Koeman diberhentikan dari jabatan pelatih Barcelona pada akhir Oktober lalu. Entrenador 58 tahun itu dipecat menyusul kekalahan Blaugrana 0-1 di markas Rayo Vallecano.

"FC Barcelona telah melepaskan Ronald Koeman dari pekerjaannya sebagai pelatih tim utama. Presiden klub Joan Laporta telah memberitahukan keputusan ini kepada dia setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano," begitu isi pernyataan resmi Barcelona.

Ronald Koeman meninggalkan Camp Nou dengan rekor 40 kemenangan, 11 seri, dan 16 kali kalah dalam 67 pertandingan. Dia digantikan Sergi Barjuan yang berstatus interim, sebelum akhirnya Xavi Hernandez ditunjuk sebagai pelatih anyar Barcelona.

Koeman mulai membesut Barcelona pada Agustus 2020 menggantikan Quique Setien. Blaugrana memberinya kontrak hingga musim panas 2022.

Barcelona kini harus membayarkan pesangon kepada Koeman yang dipecat lebih awal dari kontraknya. Beberapa media Spanyol menyebutkan harga yang harus dibayar Barca karena memberhentikan Koeman senilai 12 juta euro (Rp 198 miliar).

Barcelona membantah berbagai kabar itu dan menegaskan bahwa jumlah pesangon yang dibayarkan sesuai kontrak Koeman yakni 10 juta euro (Rp 163 miliar).

Menukil laporan Catalan Media Corporation, pesangon 10 juta euro yang akhirnya sepakat diberikan Barcelona kepada Koeman. Los Cules wajib membayarkan biaya kompensasi itu sebelum 31 Desember 2021.

Barcelona tidak hanya memberikan pesangon kepada Koeman. Klub asal Catalunya itu turut menyanggupi untuk membayar kompensasi kepada dua asisten Ronald Koeman, yakni Alfred Schreuder dan Henrik Larsson.



Simak Video "Blaugrana Gagal Menang Semenit Sebelum Bubar"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/mrp)