Pemain Paling Sukses dalam Sejarah Liga Champions Tutup Usia

Bayu Baskoro - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 20:50 WIB
The Chelsea and Real Madrid teams enter the Karaiskakis Stadium, Piraeus, before the UEFA Cup Winners Cup final, 19th May 1971. Chelsea are led out by captain Ron Harris (far left), followed by (left to right) Peter Bonetti, Peter Osgood (1947 - 2006) and Peter Houseman. Real Madrid are led out by Francisco Gento. The match ended in a 1-1 draw after extra time and Chelsea went on to win the replay 2 - 1. (Photo by Keystone/Hulton Archive/Getty Images)
Francisco Gento (memegang bendera), legenda Real Madrid. (Foto: Getty Images/Keystone)
Madrid -

Legenda sekaligus presiden kehormatan Real Madrid, Francisco Gento, tutup usia. Dia tercatat sebagai sosok yang paling sukses dalam sejarah Liga Champions.

Kabar duka tersebut disampaikan Real Madrid lewat pernyataan resminya, Selasa (18/1/2022). Gento meninggal dunia di umur 88 tahun.

"Real Madrid, presiden klub dan Dewan Direksi sangat berduka atas meninggalnya Francisco Gento, presiden kehormatan Real Madrid dan salah satu legenda terbesar klub kami dan sepak bola dunia," begitu isi pernyataan resmi Madrid.

"Real Madrid ingin menyampaikan belasungkawa dan mengirimkan cinta dan simpatinya kepada istrinya Mari Luz, kepada putranya Francisco dan Julio, kepada cucu-cucunya Aitana dan Candela dan kepada semua kerabat, rekan satu tim, dan orang-orang terkasihnya," sambungnya.

Francisco Gento bisa dibilang merupakan salah satu legenda terbesar yang dimiliki Real Madrid. Sosok yang juga dikenal dengan nama Paco Gento ini menyabet 24 trofi bergengsi dalam 18 tahun pengabdian di El Real pada 1953-1971.

Di level domestik, Paco Gento berhasil membawa Real Madrid juara LaLiga sebanyak 12 kali. Eks pemain yang berposisi kiri luar penyerangan ini juga sukses mempersembahkan dua titel Copa del Rey.

Pencapaian luar biasa ditorehkan Gento di Liga Champions (dulu bernama European Cup/Piala Champions). Dia berhasil menjadi juara sebanyak enam kali, menjadikan dia pemain paling sukses dalam kompetisi tersebut.

Paco Gento menjadi jawara Liga Champions lima kali beruntun bersama Real Madrid pada 1955-1960. Dia ditunjuk sebagai kapten skuad muda (Ye-ye Team) El Real saat merengkuh Si Kuping Besar pada 1966.

Paco Gento pensiun di Real Madrid pada 1971 dan sempat menjajaki karier sebagai pelatih pada awal tahun 1980-an. Sosok kelahiran 21 Oktober 1933 ini ditunjuk sebagai presiden kehormatan Los Blancos pada 2015 dan memegang jabatan tersebut hingga akhir hayat.

Selamat jalan, Francisco Gento.



Simak Video "Kalah Tipis, Madrid Tersingkir dari Copa Del Rey"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/adp)