ADVERTISEMENT

Kronologi Transfer Aubameyang dari Arsenal ke Barcelona

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 01 Feb 2022 09:17 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 07: Pierre-Emerick Aubameyang of Arsenal applauds the fans after the Premier League match between Arsenal and Watford at Emirates Stadium on November 07, 2021 in London, England. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Pierre-Emerick Aubameyang akan pindah ke Barcelona. (Foto: Ryan Pierse/Getty Images)
Barcelona -

Transfer Pierre-Emerick Aubameyang dari Arsenal ke Barcelona bakal terwujud. Sebelumnya sempat dilaporkan batal, berikut kronologinya sampai akhirnya sepakat.

Aubameyang kabarnya akan pindah ke Barcelona. Transfernya mencapai kesepakatan di detik-detik akhir jelang bursa transfer musim dingin ditutup.

Aubameyang, yang sudah dicoret dari skuad Arsenal sejak Desember, sempat terbang ke Spanyol. Mengaku dalam perjalanan keluarga, banyak yang meyakini striker Gabon itu menjalani tes medis di Barcelona.

Aubameyang terbang ke Spanyol meski Arsenal belum mencapai kesepakatan dengan Barcelona. Kesepakatan finansial belum tercapai antara kedua klub.

Kemudian, beredar laporan transfer Pierre-Emerick Aubameyang gagal terjadi. Penyebabnya karena Arsenal dan Barcelona tidak mencapai kesepakatan soal pembayaran gaji sang pemain, yang mencapai 350 ribu paun per pekan.

Arsenal berharap Aubameyang pergi, dan enggan berkontribusi soal pembayaran gaji sang pemain sampai akhir musim. Barcelona sendiri keberatan, sehingga transfernya sempat menemui jalan buntu. Beberapa laporan menyebut sang pemain siap pulang ke London.

Beberapa jam berselang, perkembangan berlanjut saat Arsenal dan Barcelona akhirnya mencapai kesepakatan. Aubameyang bersedia menurunkan gajinya di Spanyol, dan Arsenal tetap menghemat uang dengan tidak membayar gaji sang pemain.

Aubameyang akhirnya akan pindah ke Barcelona dengan status free transfer. Kabarnya, ia akan dikontrak selama 6 bulan dengan opsi perpanjangan setahun. Rencananya, akan segera diumumkan menjadi pemain Barcelona.

Pierre-Emerick Aubameyang membela Arsenal sejak 2017, dan sudah bermain 163 kali serta membuat 93 gol. Ia sudah membantu Meriam London memenangkan Piala FA, Community Shield, serta menjadi runner up Liga Europa.

Pierre-Emerick Aubameyang sebelumnya pernah berkarier di Italia bersama AC Milan, kemudian pindah ke Prancis untuk membela beberapa klub seperti Dijon, Lille, Monaco, dan St. Etienne. Pemain 32 tahun itu lantas hijrah ke Jerman bersama Borussia Dortmund, sebelum terakhir bermain di Inggris untuk Arsenal. Selanjutnya, Aubameyang akan menuju Spanyol membela Barcelona.

(yna/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT