Presiden Barcelona: Neymar-Messi Hanya Bisa Kembali jika Gratis!

ADVERTISEMENT

Presiden Barcelona: Neymar-Messi Hanya Bisa Kembali jika Gratis!

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 25 Mei 2022 21:20 WIB
Paris Saint-Germains Brazilian forward Neymar (L) celebrates with Paris Saint-Germains Argentinian forward Lionel Messi (R) after scoring the 5-1 goal during the French L1 football match between Paris Saint-Germain (PSG) and FC Lorient at the Parc des Princes stadium in Paris on April 3, 2022. (Photo by FRANCK FIFE / AFP) (Photo by FRANCK FIFE/AFP via Getty Images)
Neymar dan Lionel Messi hanya bisa kembali ke Barcelona jika transfer mereka gratis. (Foto: AFP via Getty Images/FRANCK FIFE)
Barcelona -

Presiden Barcelona Joan Laporta membuka peluang kembali Neymar dan Lionel Messi. Namun, Barca hanya akan menampung kedua pemain itu jika transfer mereka gratis.

Neymar dan Messi sama-sama pernah mengantarkan era emas Barca. Neymar memperkuat Blaugrana selama empat musim untuk memenangi delapan piala, termasuk treble pada 2015. Superstar sepakbola Brasil itu kemudian pindah ke Paris Saint-Germain usai klausul rilisnya ditebus seharga 222 juta euro pada 2017.

Sayang sekali karier Neymar di PSG dianggap belum memenuhi ekspektasi walau telah membukukan 100 gol dan 60 assist. Pesepakbola berusia 30 tahun itu kerap dirundung cedera dan gaya hidupnya kerap menuai sorotan. PSG disebut-sebut sudah "lelah" dengan Neymar sehingga memasukkan dia ke dalam daftar pemain yang dilego di musim panas ini.

Sementara itu Lionel Messi hijrah ke Paris pada musim panas lalu setelah lebih dari dua dekade terafiliasi dengan Barca. Messi telah memenangi 35 trofi bersama Barca, termasuk 10 gelar LaLiga, tujuh Copa del Rey, dan empat Liga Champions. Sebanyak 672 gol dan 302 assist dibukukan Messi yang membuat dia didapuk sebagai pemain terhebat dalam sejarah klub Catalan itu.

Sama seperti Neymar, Messi kurang mengilap di musim pertamanya berkostum PSG usai "hanya" menyumbang 11 gol dan 14 assist. Pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu masih terus dikaitkan dengan kepulangan ke Barca meski masih terikat kontrak sampai musim depan.

Laporta mengatakan Barcelona mau-mau saja kembali diperkuat Neymar dan Messi. Akan tetapi, menurut dia, tidak masuk akal jika Barca mesti membayar transfer kedua pemain top itu.

"Siapa sih yang tidak menyukai Ney?" Laporta mengungkapkan kepada L'Esportiu, yang diwartakan ESPN. "Dia itu seorang pemain yang luar biasa, tapi dia masih memiliki sisa [tiga] tahun di kontraknya dengan PSG."

"Dia secara efektif diperbudak oleh uang. Satu-satunya cara dia bisa kembali ke Barca itu dengan transfer gratis. Akan tidak masuk akal untuk membayar biaya transfer untuk seorang pemain yang pernah anda punya."

"Leo pergi dengan cara dia pergi. Kami semua ingin sekali agar dia mengakhiri karier olahraganya di sini, tapi karena aturan fair play [LaLiga] dan karena tawaran PSG, hal itu menjadi tidak mungkin."

"Jika dia ingin kembali pada suatu hari nanti, transfernya mesti gratis, dan staf teknis akan memutuskan apakah dia cocok dengan rencana yang baru atau tidak," Laporta menambahkan mengenai peluang Neymar dan Messi kembali ke Barcelona.

(rin/aff)

ADVERTISEMENT