ADVERTISEMENT

LaLiga Sewa Eks Pengacara Julian Assange untuk Lawan PSG & City

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 17 Jun 2022 18:24 WIB
French-Spanish lawyer Juan Branco arrives for a press conference after the Spanish Football League filed complaints with UEFA against Paris Saint-Germain (PSG) football club for
Juan Branco, pengacara LaLiga untuk melawan PSG dan Man City. (Foto: AFP via Getty Images/BERTRAND GUAY)
Madrid -

LaLiga mengadukan Paris Saint-Germain dan Manchester City ke UEFA. Bos LaLiga, Javier Tebas, menunjuk pengacara Juan Branco untuk menangani gugatan tersebut.

Tebas aktif mengkritik PSG dan Man City yang jor-joran demi satu pemain. Les Parisiens mempertahankan Kylian Mbappe senilai 150 juta euro, sedangkan The Citizens memboyong Erling Haaland dengan mahar 75 juta euro.

Tebas menuding PSG dan Man City berani mengeluarkan dana fantastis karena keduanya dimiliki perusahaan yang mendapat sokongan dana negara. Bos PSG dekat dengan Qatar, sementara Man City dimiliki Sheikh Mansour, anggota keluarga penguasa Uni Emirat Arab.

Sokongan tersebut dinilai Tebas merusak sepakbola Eropa. Pria 59 tahun tersebut juga menuduh PSG dan Man City melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) karena memanipulasi pemasukan yang berasa dari uang kedua negara itu.

LaLiga resmi mengajukan keluhan ke UEFA, Rabu (15/6/2022). Otoritas tertinggi Liga Spanyol itu meminta UEFA menindak PSG dan Man City secara administratif dan yudisial.

"LaLiga menganggap bahwa praktik ini mengubah ekosistem dan keberlanjutan sepakbola, merugikan semua klub dan liga Eropa, dan dilakukan untuk menggelembungkan nilai pasar yang tidak sesuai kenyataan. Hal itu dilakukan dari uang yang tidak dihasilkan dalam sepakbola itu sendiri," bunyi pernyataan Presiden LaLiga, Javier Tebas.

LaLiga telah mengontak firma hukum dari Prancis dan Swiss untuk terlibat dalam gugatan ini. Salah satu yang dipercaya yakni Juan Branco.

French-Spanish lawyer Juan Branco speaks during a press conference after the Spanish Football League filed complaints with UEFA against Paris Saint-Germain (PSG) football club for Juan Branco, kuasa hukum LaLiga melawan PSG dan Man City. (Foto: AFP via Getty Images/BERTRAND GUAY)

Menukil Le Parisien, Branco merupakan pengacara 32 tahun yang juga seorang aktivis. Dia pernah menjadi pengacara pembela Julian Assange, pendiri WikiLeaks yang mempublikasikan dokumen rahasia pemerintah dan beberapa institusi.

Selain jadi pengacara, Branco juga dikenal sebagai penulis. Pria Prancis-Spanyol itu menerbitkan buku "Twillight" pada 2019 yang isinya mengkritik Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Branco sudah tidak asing dengan urusan legal sepakbola. Dia pernah turun tangan mewakili socios Barcelona untuk mencegah kepindahan Lionel Messi ke PSG musim panas lalu.

(bay/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT