Lewandowski dan Bernardo Silva Hanyalah Ilusi Barcelona!

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 22 Jun 2022 21:05 WIB
CHORZOW, POLAND - OCTOBER 11: Bernardo Silva of Portugal competes with Robert Lewandowski of Poland during the UEFA Nations League A group three match between Poland and Portugal at Silesian Stadium on October 11, 2018 in Chorzow, Poland. (Photo by Rafal Oleksiewicz/PressFocus/MB Media/Getty Images)
Robert Lewandowski dan Bernardo Silva bertemu saat sedang membela timnas masing-masing. Foto: Getty Images/PressFocus/MB Media
Jakarta -

Mantan anggota direksi Barcelona, Toni Freixa, tak yakin raksasa Catalan tersebut bisa mendatangkan Robert Lewandowski, Raphinha, Jules Kounde, ataupun Bernardo Silva. Menurutnya, hal itu hanya ilusi semata.

Barcelona, yang punya hutang lebih dari satu miliar Euro, kini tengah dipantau serius oleh LaLiga. Operator Liga Spanyol itu hanya mengizinkan Blaugrana menghabiskan sepertiga dari penghasilan yang diperoleh dari penjualan pemain.

Hal itu membuat gerak-gerik Barcelona di bursa transfer tersendat. Dari sekian nama incaran, belum ada satu pun yang berhasil didatangkan. Paling jauh hanya kesepakatan verbal dengan sang pemain, namun tidak dengan klub pemilik.

Kucuran 280 juta Euro dari Spotify sebagai sponsor pun tak serta-merta membuat mereka bebas mencari pemain bintang, sebab uang itu diberikan secara berkala.

Kini cara lain pun ditempuh, yakni mencoba menjual 25 persen hak siar TV serta 49,9 persen saham perusahaan Barca Licensing and Merchandising (BLM) yang bertanggung jawab atas bisnis entitas dan lisensi merchandise klub

Dua aktivitas itu diyakini bisa meraup dana hingga 600 juta Euro. Namun sampai penjualan resmi tercapai, maka uang yang ada di kas Barcelona tak banyak. Oleh sebab itu, Freixa yang berprofesi sebagai pengacara ragu bahwa nama-nama besar di atas akan datang ke Camp Nou.

"Kalian tahu kan kalau Lewandowski, Koundé, Raphinha, atau Bernardo Silva tak akan datang? Kalian tahu kan?" cuit Freixa di akun Twitter-nya pada 21 Juni 2022.

Pria 53 tahun itu kemudian menjelaskan lebih rinci cuitannya tersebut saat diwawancarai oleh radio Cadena COPE, seperti dikutip oleh Marca.

"Saya tak percaya dengan pergerakan transfer Barcelona. Itu adalah ilusi yang dibuat seolah-olah nyata. Saya tak punya pilihan kecuali memperingatkan orang-orang di luar sana bahwa (pembelian tersebut) tak akan terjadi," ujar Freixa.



"Satu pemain mungkin datang, asal ada satu pemain lain yang dijual."

"Sekarang mereka bilang akan mendatangkan Bernardo Silva. Silakan saja kalau mau percaya, saya sih tidak," jelas pria yang pernah mencalonkan diri sebagai presiden Barcelona itu.

(adp/krs)