ADVERTISEMENT

Barcelona Masih Banyak Utang, Beli Pemain pun Pakai Cicilan

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 02 Jul 2022 14:42 WIB
Picture shows a exterior view of the Camp Nou stadium in Barcelona on September 4, 2020. - Lionel Messi confirmed today he will stay at Barcelona, insisting he could never go to court against
Barcelona masih terbelit utang. Foto: AFP/PAU BARRENA

Cara Barca Menyiasati Utang

Dengan utang yang masih membelit, Barcelona tidak kehabisan akal. Usaha membeli pemain dilakukan dengan cara mencicil, alias installments.

Pada dasarnya sistem cicilan itu bukanlah hal asing, apalagi tabu, untuk dilakukan dalam transfer sepakbola. Untuk membeli Raphinha, Barcelona mengajukan paket tawaran yang berisikan pembayaran lewat cicilan selama beberapa tahun.

"Tawaran anyar Barca sarat berisikan cicilan, sementara Chelsea siap dan mampu membayar angka lebih tinggi dengan pembayaran di muka, yang sebenarnya lebih disukai Leeds," sebut ESPN.

Dalam konteks Raphinha, kepindahan ke Barcelona lebih menarik buat pemain 25 tahun asal Brasil tersebut alih-alih boyongan ke Chelsea.

Membeli pemain pakai cicilan juga bukan satu-satunya solusi Barca menyiasati situasi. Sumber ESPN mengklaim bahwa Barca kini bersiap menjual lagi 15 persen dari hak siar pertandingannya di kancah domestik, "yang akan memberi mereka tambahan dana transfer 200 juta euro pada musim panas ini."

Selain itu, dalam rangka menambah anggaran belanja, Barcelona juga terus menjajaki potensi melakukan kerja sama komersial, berupaya menjual pemain yang tak dibutuhkan Xavi, dan menyesuaikan (baca: memangkas) gaji pemainnya.


(krs/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT