ADVERTISEMENT

Lewandowski Melengkapi Kepingan Barcelona, Ini Sebabnya

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 10 Agu 2022 08:40 WIB
Jakarta -

Perekrutan Robert Lewandowski dinilai sangat krusial buat upaya Barcelona bangkit. Mantan bintang Ajax Jari Litmanen mengungkap sebabnya.

Barcelona sukses mendaratkan Robert Lewandowski dari Bayern Munich musim panas ini. Penyerang 33 tahun itu ditebus seharga 50 juta Euro termasuk bonus-bonus.

Perekrutan ini dinilai bakal krusial terhadap upaya bangkit Barca, setelah bermusim-musim mengalami penurunan. Sebagai catatan Barca sudah tak juara LaLiga dalam tiga musim terakhir dan prestasi di Liga Champions terus merosot, hingga musim lalu terlempar ke Liga Europa usai gagal lolos dari fase grup.

Dalam delapan musim terakhir kiprahnya di Liga Champions, Blaugrana mentok di semifinal yakni pada musim 2018/2019. Kala itu mereka kena comeback Liverpool pada babak empat besar, setelah unggul 3-0 menuju leg kedua.

Litmanen, yang pernah membela Barcelona dan Liverpool, menilai karakter Lewandowski sebagai bomber yang mematikan di dalam kotak penalti melengkapi Barcelona. Barcelona tak pernah kesulitan menguasai permainan, namun kerap menghadapi kerumitan saat harus menembus kotak penalti.

Kepergian Lionel Messi, yang dahulu diandalkan untuk melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti dan menghadirkan dimensi lain, makin tak membantu Barcelona. Tapi mereka kini punya sosok nomor sembilan untuk menggedor pertahanan lawan.

"Semua orang menginginkan pemain seperti Lewandowski," ujar Litmanen, yang percaya Lewandowski melengkapi kepingan Barcelona-nya Xavi Hernandez.

"Barcelona itu bisa mendominasi permainan di luar kotak penalti, tapi mencetak gol di dalam kotak penalti, itu sulit. Maka Lewandowski adalah pemain yang bisa melakukan tugas itu," imbuhnya kepada Sport.

(raw/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT