ADVERTISEMENT

Barcelona Vs Rayo Vallecano: Blaugrana Ditahan Imbang Tanpa Gol

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 14 Agu 2022 04:14 WIB
Barcelona -

Barcelona gagal meraih kemenangan di pekan perdana Liga Spanyol musim ini. Menjamu Rayo Vallecano, Robert Lewandowski dkk ditahan imbang tanpa gol.

Bermain di Camp Nou, Minggu (14/8/2022) dini hari WIB, Barcelona tampil mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola hampir 70 persen. Skuad besutan Xavi Hernandez melepaskan 21 tembakan, enam tepat sasaran, namun tak ada yang berbuah gol.

Sementara tim tamu tampil lebih hati-hati dan lebih mengandalkan serangan balik. Akibatnya, hanya ada 4 peluang yang mereka ciptakan, meski dua di antaranya nyaris memberikan kekalahan untuk Barcelona.

Hasil ini membuat Blaugrana duduk di posisi lima dengan satu poin, disusul Vallecano dengan poin sama satu tingkat di bawahnya.

[Gambas:Opta]

Jalannya pertandingan

Barcelona tampil mendominasi sejak awal. Meski begitu, bukan hal mudah bagi mereka untuk menembus pertahanan rendah Vallecano. Peluang pertama diperoleh Raphinha di kotak penalti pada menit ke-12, namun sepakannya diblok Fran Garcia.

Menit ke-20, winger Brasil itu kembali mendapat peluang, tetapi sepakannya kali ini melambung di atas gawang. Semenit kemudian, sepakan Ousmane Dembele berhasil ditangkap kiper Vallecano, Stole Dimitrievski.

Kesulitan mencari celah di kotak penalti Vallecano coba diantisipasi Barcelona dengan upaya dari second line. Pedri melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-36, tapi bola melebar tipis di sisi kanan.

Semenit berselang, sundulan Robert Lewandowski yang memanfaatkan crossing Raphinha juga melambung di atas gawang. Vallecano yang banyak ditekan justru hampir mencetak gol di pengujung babak pertama, tepatnya di injury time.

Alvaro Garcia menusuk dari sisi kiri kotak penalti, mengecoh Ronald Araujo, kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang. Marc-Andre ter Stegen tampil gemilang dengan memblok sepakan tersebut, sehingga selamatlah gawang Barcelona.

Pada babak kedua, Vallecano hampir mencetak gol di menit ke-52 lewat sebuah serangan balik. Sergio Camello masuk ke kotak penalti, mengecoh dua bek Barcelona, namun dalam situasi satu lawan satu dengan Ter Stegen, tembakan lobnya melebar.

Barcelona tak kalah mengancam. Raphinha kembali mendapat peluang di menit ke-55 usai mengamankan second ball di luar kotak penalti, tetapi sepakan jarak jauhnya melebar di sisi kiri. Upaya serupa dilakukan Sergio Busquets di menit ke-69, namun Dimitrievski berhasil mengamankan gawangnya.

Barcelona terus menekan Vallecano. Franck Kessie melepaskan tembakan jarak dekat di menit ke-75, disusul Lewandowski pada menit ke-82. Tetapi dua peluang tersebut gagal menghadirkan gol.

Pierre-Emerick Aubameyang yang masuk di menit ke-82 hampir saja mencetak gol dua menit setelahnya. Tembakannya sudah tak bisa dihalau Dimitrievski, namun masih ada Alejandro Catena yang melakukan penyelamatan di garis gawang.

Barcelona harus bermain dengan 10 orang di menit ke-90+3 usai Busquets menerima kartu kuning kedua akibat menyikut Radamel Falcao. Ia sebelumnya sudah menerima kartu kuning akibat melanggar Oscar Trejo di menit ke-74.

Tak ada gol yang tercipta di sisa waktu, dan kedua tim harus puas bermain imbang 0-0.

Susunan pemain:

Barcelona: Ter Stegen, Araujo, Christensen (Sergi Roberto 60'), Eric Garcia, Jordi Alba (Aubameyang 82'), Gavi (De Jong 60'), Busquets, Pedri (Kessie 73'), Raphinha (Ansu Fati 60'), Lewandowski, Dembele.

Rayo Vallecano: Dimitrievski, Fran Garcia, Catena, Lejeune, Balliu, Ciss, Lopez (Valentin 62'), Alvaro Garcia, Trejo (Pozo 84'), Palazon (Salvi Sanchez 79'), Camello (Falcao 62').

(adp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT