ADVERTISEMENT

Menerka Nasib Asensio yang Digantung Real Madrid

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 16 Agu 2022 02:01 WIB
SAN FRANCISCO, CA - JULY 26: Marco Asensio of Real Madrid during the pre season friendly between Real Madrid and Club America at Oracle Park on July 26, 2022 in San Francisco, California. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images)
Marco Asensio. Foto: Getty Images/James Williamson - AMA
Jakarta -

Nasib Marco Asensio seperti tak menentu di Real Madrid saat ini. Ia tak dimainkan, tak diberikan perpanjangan kontrak, dan tak jelas apakah akan dilepas atau tidak.

Asensio belum dimainkan dalam dua laga yang sudah dijalani Madrid musim ini, yakni saat mengalahkan Eintracht Frankfurt di Piala Super Eropa dan saat menundukkan Almeria di pekan pembuka Liga Spanyol. Ia hanya duduk manis di bangku cadangan.

Menyimpulkan masa depannya di Madrid tengah terombang-ambing mungkin terlalu dini, mengingat pelatih Carlo Ancelotti sudah mengisyaratkan akan melakukan banyak rotasi di tengah padatnya jadwal musim ini. Namun Asensio jelas bukan pilihan utama.

Dari sederet penyerang Madrid, hanya ia dan Mariano Diaz yang belum diberi kesempatan tampil. Nama terakhir tak perlu dibahas. Ia sejak lama sudah berada di prioritas terbawah, dan tak masalah diperlakukan begitu.

Namun Asensio berbeda. Ia mungkin risau jika tahu hanya berada di atas Diaz dalam urutan pilihan penyerang Madrid. Padahal musim lalu ia tak buruk-buruk amat.

Meski cuma turun 2.019 menit musim lalu (urutan 15 di antara para pemain Madrid), ia berhasil mencetak 12 gol, jumlah terbanyak yang pernah ia raih dalam semusim sepanjang karier profesionalnya. Namun hal itu tampak tak cukup meyakinkan Ancelotti.

Situasi makin tak terlihat bagus karena kontraknya yang tersisa setahun juga tak kunjung diperpanjang. Usut punya usut, ia menginginkan tawaran yang lebih baik - secara olahraga maupun finansial - dari yang pernah ditawari kepadanya.

Selain itu, perkataan Ancelotti di publik juga berubah-ubah. Sebelum melawan Almeria, ia mengatakan timnya akan beradaptasi seandainya Asensio memutuskan pergi. Namun seusai laga, ia menyebut Asensio masih penting untuk timnya.

Ancelotti memang bukan pelatih yang tegas mengatakan tak butuh seorang pemain. Jika seiring waktu sang pemain mampu menunjukkan perbaikan signifikan, Ancelotti bisa berubah pikiran. Namun masalahnya, Piala Dunia 2022 sudah di depan mata.

Asensio amat berhasrat ingin berangkat ke Qatar, terlebih seusai dipanggil lagi oleh pelatih Luis Enrique pada Juni lalu. Itu merupakan pemanggilan pertama sejak November 2020, dan ia tak mau kesempatan yang sudah diberikan kembali sirna.

Dengan jendela transfer masih tersisa sekitar dua pekan, tak tertutup Asensio akan pergi mencari klub baru. Sebuah langkah berani mungkin harus diambil jika ingin kembali menjadi pilihan utama, sesuatu yang tampak sulit diberikan Madrid.

(adp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT