Jordi Alba Tahu Diri kok di Barcelona

ADVERTISEMENT

Jordi Alba Tahu Diri kok di Barcelona

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 14 Nov 2022 14:40 WIB
BARCELONA, SPAIN - NOVEMBER 05: Jordi Alba of FC Barcelona reacts during the LaLiga Santander match between FC Barcelona and UD Almeria at Spotify Camp Nou on November 05, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Jordi Alba akan pergi jika tidak lagi berkontribusi untuk Barcelona. (Foto: Getty Images/Eric Alonso)
Barcelona -

Jordi Alba membantah menolak pemotongan gaji untuk meringankan krisis finansial Barcelona. Alba juga mengaku siap pergi seandainya gagal berkontribusi maksimal.

Bek kiri berusia 33 tahun itu dikabarkan sudah masuk daftar jual Barcelona sejak bursa musim panas lalu. Barca ingin mengurangi tagihan gaji pemain, apalagi Alba dibayar sekitar 20 juta euro (Rp 320 miliar) setahun sedangkan kontraknya baru akan selesai pada Juni 2024.

Situasi Jordi Alba semakin rumit karena Alejandro Balde naik daun, plus kedatangan Marcos Alonso. Alba sempat santer dikaitkan dengan kepindahan ke Inter Milan, tapi transfer itu tidak pernah terwujud. Meski demikian, Alba menegaskan selalu berusaha membantu Barcelona dan tidak pernah diminta menyepakati pemangkasan gaji.

"Kapanpun klub memintaku untuk membantu di situasi semacam ini, aku selalu merespons dan mencoba membantu. Selalu seperti ini kok," kata Alba dilansir Mundo Deportivo.

"Pada musim ini, klub tidak menghubungiku untuk membahas hal ini. Aku cuma bisa mengatakan kepada anda bahwa ketika mereka dulu memintaku, aku pun membantu. Sebagai seorang Catalan, dan mengenal klub aku selalu mau membantu klub. Kalau mereka meminta, aku akan selalu ada untuk melakukannya."

Di sepanjang musim ini Jordi Alba baru dimainkan 12 kali di seluruh kompetisi, dengan kontribusi tiga assist. Namun demikian, Alba tercatat tujuh kali dimainkan sebagai starter dalam sembilan pertandingan terakhir Barcelona di semua kompetisi.

Kontribusi Jordi Alba ikut mengantar Barcelona memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan keunggulan dua poin dari juara bertahan Real Madrid. Alba mengaku akan sukarela hengkang jika tidak lagi mampu memenuhi tuntutan tinggi dari klub.

"Aku sudah berada di sini dalam waktu yang lama, hampir 18 tahun secara keseluruhan, dan niatku adalah pensiun di sini, kalau aku terus tampil bagus," sambung pemenang titel Piala Eropa bersama timnas Spanyol itu.

"Aku merasa aku masih kuat, dan di hari ketika aku sudah tidak bisa tampil bagus di level tertinggi sebagai pemain Barca, aku akan menjadi yang pertama mengangkat tanganku dan pergi. Tapi sekarang, aku merasa sangat baik," lugas Jordi Alba.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT