Piala Afrika 2021: Kamerun Juara Grup A, Burkina Faso Runner-up

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 01:41 WIB
Cameroons captain Vincent Aboubakar, top left, celebrates with teammate after scoring his teams first goal, during the African Cup of Nations 2022 group A soccer match between Cape Verde and Cameron at the Olembe stadium in Yaounde, Cameroon, Monday, Jan. 17, 2022. (AP Photo/Themba Hadebe)
Kamerun seri dengan Cape Verde 1-1 tapi sudah cukup untuk memenangi Grup A Piala Afrika 2021Foto: AP/Themba Hadebe
Jakarta -

Tuan rumah Kamerun memastikan diri sebagai juara Grup A Piala Afrika 2021 setelah seri dengan Cape Verde 1-1. Burkina Faso lolos sebagai runner-up usai imbang dengan Ethiopia.

Pada laga Grup A di Stade Omnisport Paul Biya, yang tuntas Selasa (18/1/2022) dinihari WIB, Kamerun membuang keunggulannya. Vincent Aboubakar membawa Indomitable Lions menciptakan start menjanjikan usai membuka skor di menit ke-39.

Gol Kamerun itu tercipta dari set-piece. Harold Moukoudi menyundul bola di kotak penalti yang jatuh di jalur Aboubakar. Pemain yang disebut terakhir lantas melepaskan tembakan kaki kiri mendatar tanpa bisa dibendung kiper Josimar Dias Vozinha.

Cape Verde baru membalas setelah restart. Garry Rodrigues mencetak gol untuk menyamakan skor pada menit ke-53. Kenny Rocha Santos mengirim umpan tarik dari sisi kanan gawang, yang diselesaikan Rodrigues dengan sontekan dari jarak dekat.

Meski gagal melanjutkan tren kemenangan, Kamerun memastikan diri sebagai juara Grup A setelah mengumpulkan tujuh poin. Cape Verde finis ketiga dengan perolehan empat poin dan masih punya peluang lolos ke babak selanjutnya sebagai runner-up terbaik.

Di pertandingan Grup A Piala Afrika 2021 lainnya, skor 1-1 juga menandai akhir dari pertandingan antara Burkina Faso melawan Ethiopia.

Berlaga di Stade Omnisports de Bafoussam, Cyrille Bayala memimpin Burkina Faso mengungguli Ethiopia lewat golnya di menit ke-24. Sodoran Adama Guira diselesaikan Bayala dengan tembakan melambung yang melewati atas kepala kiper Teklemariam Shanko.

Gol balasan Ethiopia terlahir di babak kedua dari tendangan 12 pas, menyusul pelanggaran hand ball Steeve Yago dari sepak pojok. Getaneh Kabede maju sebagai eksekutor dengan menyarangkan bola ke sudut bawah gawang Burkina Faso.

Dengan hasil ini, Burkina Faso menyudahi fase grup Piala Afrika 2021 di peringkat kedua dengan perolehan empat poin sama dengan Cape Verde di bawahnya. Namun, Burkina Faso berhak atas posisinya karena aturan head to head. Sementara itu Ethiopia tersingkir setelah finis terbawah dengan satu poin.



Simak Video "Proses Naturalisasi Jordi Amat & Sandy Walsh Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/ran)