Liverpool Akan Juara Liga Champions jika Madrid seperti di Fase Gugur

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 26 Mei 2022 18:35 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - MAY 22: (THE SUN OUT, THE SUN ON SUNDAY OUT) Mohamed Salah of Liverpool celebrates after scoring the second goal making the score 2-1 during the Premier League match between Liverpool and Wolverhampton Wanderers at Anfield on May 22, 2022 in Liverpool, England. (Photo by Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images)
Liverpool bakal juara jika Real Madrid bermain seperti di fase gugur (Foto: Liverpool FC via Getty Images/Andrew Powell)
Jakarta -

Jamie Carragher yakin Liverpool bakal juara jika Real Madrid masih tampil seperti babak fase gugur. Madrid kalah tiga di fase ini.

Liverpool akan menghadapi Real Madrid di final Liga Champions yang bakal berlangsung di Stade de France, Paris, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Ini merupakan ulangan final dari Liga Champions 2017/2018. Kala itu Madrid berhasil mengangkat trofi Si Kuping Besar usai menang 3-1 dari Si Merah.

Liverpool punya langkah yang terbilang mulus menuju laga final. Mereka menyapu bersih kemenangan di babak fase grup. Sementara di fase gugur, The Reds hanya sekali kalah yaitu saat tumbang 0-1 dari Inter Milan di leg kedua 16 besar. Namun, Liverpool tetap lolos ke babak selanjutnya karena menang 2-0 di leg pertama.

Kiprah Liverpool ini lebih meyakinkan ketimbang Madrid. El Real sudah empat kali kalah saat menuju ke final.

Pada fase Grup, mereka sekali kalah dari Sherrif Tiraspol. Di babak gugur, Mereka kalah 0-1 dari PSG di babak 16 besar, tumbang lagi dari Chelsea 2-3 di perempatfinal, dan di semifinal merasakan kekalahan 3-4 dari Manchester City.

Namun, Madrid tetap mampu bisa ke laga puncak karena unggul secara agregat. Mereka menang agregat 3-2 dari PSG, 5-4 dari Chelsea, dan menyingkirkan Man City dengan keunggulan agregat 6-5.

Legenda Liverpool, Jamie Carragher, menilai mantan timnya memang tampil lebih apik dari Madrid di Liga Champions musim ini. Ia yakin Liverpool bakal juara jika tetap konsisten menilik dari performa tak meyakinkan Madrid di fase gugur.

Meski demikian, Si Merah tetap perlu waspada. Pasalnya, Madrid punya mental yang luar biasa mengatasi sejumlah kekelahan untuk tetap bisa ke final.

"Mereka tidak sebagus Liverpool, mereka kalah dalam banyak pertandingan atau lebih di Liga Champions daripada kekalahan Liverpool sepanjang musim, tetapi mereka memiliki sesuatu- yang kami miliki sebagai klub juga. Saat Anda terpuruk, Anda selalu percaya karena kami ada lah Liverpool. Real Madrid juga memilikinya. Mereka membawa keyakinan bahwa mereka seharusnya menang dan itulah yang telah mereka lakukan," ujar Carragher dikutip dari Liverpool Echo.

"Mereka beruntung di babak gugur di mana mereka seharusnya tersingkir. Apakah itu keberuntungan? Semangat tim? Koneksi dengan para pemain, staf, fans? Dan karena ini adalah Real Madrid. Jika mereka tampil seperti seperti yang mereka lakukan di babak gugur dan kami bermain dengan penampilan terbaik kami, kami akan menang," jelasnya.



Simak Video "Perpisahan Emosional Marcelo dengan Real Madrid"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/cas)