sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 29 Jun 2018 00:40 WIB

Laporan dari Rusia

Lautan Merah-Putih di Kaliningrad

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Fans Belgia di Kaliningrad. (Foto: Mohammad Resha Pratama/detikSport) Fans Belgia di Kaliningrad. (Foto: Mohammad Resha Pratama/detikSport)
Kaliningrad - Kaliningrad akan menghelat bigmatch antara Inggris kontra Belgia. Kota kecil di ujung Laut Baltik itu pun mendadak ramai nuansa merah-putih hari ini.

Laga antara Inggris lawan Belgia ini adalah laga terakhir Grup G yang digelar di Kaliningrad Stadium, Kamis (28/6/2018) malam waktu setempat. Meski sudah memastikan lolos, baik Inggris maupun Belgia masih harus berebut status juara grup demi menghindari duel dengan juara Grup H Kolombia.

Meski sudah sama-sama lolos, duel ini penting mengingat kemenangan akan menaikkan moral menghadapi fase gugur.


Duel ini sendiri bak pertemuan dua klub Premier League Inggris. Seperti diketahui banyak pemain dari Belgia yang merumput di liga tersebut. Dari skuat Inggris, tentu tak perlu dibicarakan lagi.

Kota Kaliningrad pun sudah ramai fans Inggris dan Belgia sejak kemarin. Mudah saja menemukan suporter dari kedua tim berseliweran di sudut-sudut kota, terlebih di bar. Mereka mengenakan atribut berwarna putih dan merah, yang membuat suasana kota makin semarak.

Lautan Merah-Putih di Kota KaliningradFoto: Mohammad Resha Pratama/detikSport


Jumlah penonton pun makin ramai di hari-H pertandingan ketika seisi kota menjadi lautan putih-merah. Di mana-mana fans Inggris dan Belgia bernyanyi dan minum di bar. Fans Inggris cukup mudah dikenali, karena memang terkenal ramai dan berisik di manapun mereka berada.

Lautan Merah-Putih di Kaliningrad
Suasana merah-putih pun makin terasa ketika detikSport tiba di stadion sekitar dua jam sebelum pertandingan dimulai. Dari kejauhan, sudah terlihat fans Belgia dan Inggris yang memadati area stadion berkapasitas tak lebih dari 35 ribu tempat duduk tersebut.

Mereka memakai berbagai macam atribut untuk mendukung tim kesayangannya. Mulai dari jersey, topeng singa khas Inggris dan juga topeng setan khas Belgia.

"Ya, ini adalah pertandingan kedua kami di Rusia ini. Kami sempat menonton Kroasia vs Islandia di Rostov sebelumnya. Kami berharap Inggris bisa mengalahkan Belgia nanti. Ini adalah Piala Dunia pertama kami berdua," ujar Helen, suporter Inggris yang datang ke Rusia dari Kanada bersama anaknya, saat berbincang di dalam bus khusus suporter.


detikSport sengaja naik bus suporter ke stadion untuk merasakan atmosfer fans saat hendak menonton tim kesayangannya. Ada 1-2 suporter Inggris yang bernyanyi di dalam bus dan membuat suasana menjadi ramai.

Akankah adu skill dan taktik kedua tim di lapangan berlangsung seramai aksi suporter mereka?
Lautan Merah-Putih di Kota KaliningradFoto: Mohammad Resha Pratama/detikSport



Tonton juga video 'Isu Politik dan Memori Euro 2016 Hantui Fans Inggris':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com