sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 02 Agu 2019 18:32 WIB

Guardiola Sulit Juarai Liga Champions Lagi, Begini Analisis Van Gaal

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Josep Guardiola kesulitan menjuarai Liga Champions lagi. (Foto: Mike Hewitt / Getty Images) Josep Guardiola kesulitan menjuarai Liga Champions lagi. (Foto: Mike Hewitt / Getty Images)
Amsterdam - Setelah selesai dengan Barcelona, Josep Guardiola belum lagi mampu memenangi Liga Champions. Eks pelatih Barca Louis van Gaal memberikan analisisnya. Bagaimana?

Dua trofi Liga Champions berhasil direbut Guardiola saat melatih Blaugrana pada 2009 dan 2011. Namun, setelah dua kali berganti klub pun, koleksi trofi Eropa manajer dari Catalonia itu belum lagi bertambah.


Guardiola merajai sepakbola Jerman bersama Bayern Munich selama tiga musim. Total tujuh trofi dikantongi, termasuk tiga gelar Bundesliga dan dua DFB-Pokal. Namun, di Liga Champions Bayern-nya Guardiola mentok di semifinal.

Sejak 2016, Guardiola membesut Manchester City dan meraih sukses besar dengan raihan enam trofi. Termasuk menjuarai Premier League dua kali beruntun dan treble domestik 2018/19. Namun, laju terjauh City bersama Pep cuma babak delapan besar.

Van Gaal pernah membawa Ajax Amsterdam memenangi Liga Champions di 1995. Menurut Van Gaal, kegagalan Guardiola itu karena si pelatih tidak mau beradaptasi dengan gaya permainan lawan.


"Memenangi Liga Inggris dua kali berturut-turut memang fantastis. Guardiola telah memenangi segalanya di Inggris, tapi level besarnya adalah (Liga) Champions," ujar Van Gaal kepada France Football, yang dilansir dari Daily Mail.

"Dan dia bahkan tidak bisa memenanginya bersama City atau Bayern. Ini adalah konsekuensi karena terlalu memperhatikan permainan timnya sendiri, tidak dengan permainan lawan," kata eks pelatih yang pernah menangani Bayern, Manchester United, dan timnas Belanda itu.

"Anda harus selalu menghormati lawan Anda. Guardiola dan (Erik) Ten Haag memiliki tim berkualitas tinggi untuk rival-rival domestik mereka, tapi hal itu tidak berlaku di Champions," simpul Van Gaal.


Guardiola Sulit Juarai Liga Champions Lagi, Begini Analisis Van Gaal


Simak Video "Drama 7 Gol City Vs Tottenham"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED