sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 09 Agu 2020 07:55 WIB

Barcelona Gugup Juga Hadapi Napoli

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 08: Lorenzo Insigne of SSC Napoli misses a chance during the UEFA Champions League round of 16 second leg match between FC Barcelona and SSC Napoli at Camp Nou on August 08, 2020 in Barcelona, Spain.  (Photo by David Ramos/Getty Images) Barcelona menang 3-1 atas Napoli di Camp Nou. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Start apik dan unggul dengan cepat, Barcelona sempat dibuat gugup juga oleh Napoli. Padahal sejak awal Blaugrana memasang perhatian ke pertahanan.

Barcelona menang 3-1 saat menjamu Napoli di Camp Nou, Minggu (9/8/2020) dini hari WIB pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Hasil ini memastikan Barcelona lolos ke perempatfinal dengan agregat 4-2.

Clement Lenglet sudah membawa Barcelona memimpin di menit ke-10, disusul gol dari Lionel Messi di menit ke-23 dan Luis Suarez di menit ke-46. Namun Napoli sempat menghidupkan harapan berkat gol Lorenzo Insigne di penghujung masa injury time babak pertama.

Gol itu, plus desakan untuk mengejar ketertinggalan, bikin Napoli meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Dari total 18 tembakan yang dilepaskan Napoli, 13 di antaranya dicatatkan di paruh kedua pertandingan seperti dilansir whoscored.

Secara keseluruhan, anak-anak asuh Gennaro Gattuso punya tiga peluang on target dan dua tembakan mengenai tiang gawang. Sedang Barcelona membukukan tujuh percobaan di mana empat di antaranya mengarah ke gawang.

Bukti lain Napoli mampu mendesak Barcelona adalah persentase penguasaan bola yang relatif berimbang. Napoli menguasai bola sebanyak 49%, yang artinya tak takut mengambil inisiatif.

Pelatih Barcelona Quique Setien menyebut pertahanan memang jadi perhatian utama timnya di laga ini.

"Ini adalah langkah pertama yang diambil dengan baik. Beberapa menit pertama Napoli bikin kami bekerja keras. Mereka adalah tim yang bagus. Kami harus bertahan dengan intensitas dan komitmen besar," ujarnya dikutip UEFA.

"Kalau mereka mencetak gol lagi, itu akan jadi sebuah dorongan besar buat Napoli. Jadi prioritas besar kami adalah untuk bertahan dengan baik. Meski begitu, ada sedikit rasa gugup."

"Ini adalah langkah maju pertama yang kami ingin ambil dan sekarang kami berharap bisa memainkan laga-laga di hadapan kami dengan sikap yang sama dengan di sini. Tim bermain baik dan layak akan hasil ini," imbuh Setien.

Lolos ke perempatfinal, Barcelona ditunggu lawan berat lainnya yakni Bayern Munich. Bayern lolos usai menyingkirkan Chelsea dengan agregat telak 7-1.



Simak Video "Quique Setien Bawa Barcelona ke Jalur Hukum, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com