sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 25 Nov 2020 11:15 WIB

Kaki-kaki Segar yang Melajukan Barcelona

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Barcelonas Martin Braithwaite, left, celebrates after scoring his sides second goal during the Champions League group G soccer match between Dynamo Kyiv and FC Barcelona at the Olimpiyskiy Stadium in Kyiv, Ukraine, Tuesday, Nov. 24, 2020. (AP Photo/Efrem Lukatsky) Barcelona sukses membungkam Dynamo Kiev dengan pemain pelapis (AP/Efrem Lukatsky)
Kiev -

Barcelona sukses mengunci tiket ke babak 16 besar Liga Champions. Keputusan Ronald Koeman merotasi pemain membuahkan hasil maksimal.

Barcelona memang diadang jadwal yang padat hingga akhir tahun ini. Apalagi matchday keempat kontra Dynamo Kiev, Rabu (25/11/2020) dini hari WIB, hanya selang beberapa hari setelah duel berat kontra Atletico Madrid.

Maka dari itu, Koeman tidak membawa seluruh pemain terbaiknya dalam lawatan ke Kiev, termasuk mengistirahatkan Lionel Messi. Di lini serang, Koeman berani memasang Philippe Coutinho, Martin Braithwaite, Pedri, dan Trincao.

Carles Alena, Junior Firpo, Sergino Dest, dan Oscar Mingueza dimainkan di lini belakang. Sementara Antoine Griezmann dan beberapa pemain muda Barcelona lainnya ada di bangku cadangan.

Meski tidak menurunkan tim terbaiknya, Barcelona masih terlalu tangguh untuk Kiev. Barcelona punya 16 attempts, tujuh di antaranya on goal dan menguasai 70 persen ball possesion.

Setelah sempat diimbangi tanpa gol sepanjang babak pertama, Barcelona tancap gas di babak kedua untuk menggelontorkan empat gol ke gawang Kiev. Diawali gol Sergino Dest, Braithwaite lantas menyumbang dua gol, salah satunya dari titik putih, sebelum dimantapkan Griezmann di pengujung laga.

Barcelona menang 4-0 dan berhasil mengunci tiket ke babak 16 besar karena sudah mengumpulkan 12 poin dari empat laga. Bersamaan dengan Barcelona, Juventus juga berhasil melaju ke babak serupa.

Keputusan Koeman merotasi tim patut diacungi jempol karena membuktikan kalau pemain pelapis Barcelona juga sama bagusnya.

"Kami memang bisa tampil lebih baik di laga ini ketimbang lainnya, tapi perbedaan besar hari ini adalah kami lebih segar," ujar Koeman seperti dikutip Reuters.

"Kami sudah tepat mengistirahatkan beberapa pemain dan memberikan kesempatan kepada pemain yang lebih segar. Kami lebih solid di lini tengah, kami menujukkan rasa lapar, dan menekan lawan dengan sangat baik," sambungnya.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com