Lukaku Halangi Sundulan Sanchez, Shakhtar: Terima Kasih!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 10 Des 2020 21:00 WIB
Inter Milans Romelu Lukaku gestures during the Champions League group B soccer match between Inter Milan and Shakhtar Donetsk at the San Siro stadium in Milan, Italy, Wednesday, Dec. 9, 2020. (AP Photo/Antonio Calanni)
Shakhtar Donetsk berterima kasih kepada Romelu Lukaku (AP/Antonio Calanni)
Milan -

Shakhtar Donetsk masih berkompetisi di Eropa, meski turun ke Liga Europa. Terima kasih untuk Romelu Lukaku yang menyelamatkan Shakhtar dari kekalahan.

Shakhtar dalam misi tidak boleh kalah saat menyambangi markas Inter Milan di Giueseppe Meazza, Kamis (10/12/2020) dini hari WIB. Hasil imbang sudah cukup mengantarkan mereka ke Liga Europa dan kemenangan bahkan menjaga kans lolos ke 16 besar Liga Champions.

Shakhtar terus bertahan dari tekanan Inter yang butuh tiga poin dari pertandingan ini. Mereka menciptakan 20 attempts sepanjang 90 menit, tapi hanya empat yang on target.

Meski sudah memainkan trio penyerang Romelu Lukaku, Lautaro Martinez, dan Alexis Sanchez, Inter tetap kesulitan. Padahal di pertandingan grup lainnya, Real Madrid sudah unggul 2-0 atas Borussia Moenchengladbach dan bertahan hingga laga tuntas.

Sementara Inter masih punya sisa injury time, mereka sebenarnya cuma butuh satu gol untuk lolos. Tapi, hingga akhir laga skor 0-0 bertahan dan Inter harus gigit jari karena finis sebagai juru kunci, tidak mendapat tiket ke 16 besar Liga Champions atau 32 besar Liga Europa.

Padahal ada satu peluang emas yang didapat Inter di menit ke-88 saat Sanchez melepaskan sundulan dari situasi sepak pojok. Bola mengarah ke sisi kanan kiper yang sudah mati langkah.

Sayangnya bola membentur Lukaku yang berada di depan gawang dan gagal jadi gol. Lebih pahitnya, Lukaku dalam posisi offside sehingga Shakhtar mendapat tendangan bebas, sekaligus jadi olok-olok di media sosial.

Andai saja Romelu Lukaku tidak ada di depan gawang, bisa jadi Sanchez bakal bikin gol dan Inter menang 1-0 sehingga lolos ke fase gugur.

"Inter sangat ingin menang, tapi kami pun sama saja. Kami bisa bilang bahwa hasilnya positif dan Shakhtar pantas bermain di Liga Europa musim semi nanti," ujar bek Shakhtar, Mykola Matviienko, seperti dikutip situs resmi tim.

"Kami juga membuang banyak peluang sepanjang laga, tapi kami tidak menyesal gagal mendapatkan hasil lebih baik. Saya berterima kasih kepada Lukaku - Dia membantu kami dengan mengadang salah satu tembakan ke gawang," sambungnya.

(mrp/rin)