Kisah Thomas Tuchel dan Sepatu Bertuah

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 02 Jun 2021 10:00 WIB
PORTO, PORTUGAL - MAY 29: Thomas Tuchel, Manager of Chelsea celebrates following victory during the UEFA Champions League Final between Manchester City and Chelsea FC at Estadio do Dragao on May 29, 2021 in Porto, Portugal. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Kisah Thomas Tuchel dan Sepatu Bertuah. Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Tahu tidak kalau Thomas Tuchel mengenakan sebuah sepatu hadiah, yang ternyata bertuah buat Chelsea, di malam final Liga Champions lalu? Ini kisahnya.

Tuchel, yang mulai menangani Chelsea sejak bulan Januari lalu untuk menggantikan Frank Lampard, baru saja meraih trofi pertamanya dengan klub London itu usai menjuarai Liga Champions.

Chelsea's head coach Thomas Tuchel celebrates kissing the trophy after winning the Champions League final soccer match against Manchester City at the Dragao Stadium in Porto, Portugal, Saturday, May 29, 2021. (Susana Vera/Pool via AP)Thomas Tuchel saat merayakan kemenangan Chelsea atas Man City di final Liga Champions. Foto: AP/Susana Vera

Pada pertandingan final Liga Champions di Porto akhir pekan lalu, the Blues meraih kemenangan 1-0 atas sesama tim Inggris Manchester City. Kai Havertz mencetak gol tunggal dalam laga tersebut.

Dalam sebuah momen perayaan di ruang ganti Chelsea, pemain seperti Reece James dan Jorginho sempat terlihat mengangkat-angkat sepatu Thomas Tuchel. Sepatu itu diangkat ke udara bagaikan tengah dielu-elukan.



Nah, terungkap kemudian kalau sepatu ini punya kisah tersendiri. Ada alasan mengapa Tuchel mengenakan sepatu pabrikan Prancis Hoka One One, alih-alih sepatu Nike yang biasa dipakainya saat laga -- terkait kerja sama Chelsea dengan pabrikan itu.

Dikisahkan, sepatu Hoka One One yang dipakai Tuchel saat itu rupanya merupakan hadiah dari Nasser Al-Khelaifi, presiden klub raksasa Prancis Paris Saint-Germain yang musim lalu dibawanya ke final Liga Champions dan kalah 0-1 dari Bayern Munich.

"Aku mendapatkan sepatu itu di Paris dan aku berjanji akan memakainya ketika ketika kami mencapai final Liga Champions," katanya seperti dilansir SportBible.

"Sepatu itu adalah hadiah dari presiden di PSG dan aku sempat janji ke stafku akan memakainya di final. Tapi saat itu aku tidak memakai sepatu tersebut dan kami (PSG) akhirnya kalah)."

"Hari ini aku memakai sepatu itu dan kami (Chelsea) juara," tutur Thomas Tuchel.

Banner Final Liga Champions
(krs/krs)