Ronaldo: European Super League Bukan Ide Buruk, kok!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 23 Sep 2021 23:00 WIB
European Super League
European Super League dianggap sebagai tandingan Liga Champions. (Foto: thesuperleague.com)
Jakarta -

Mantan bintang Real Madrid, Ronaldo Luiz Nazario de Lima, mendukung proyek European Super League. Il Fenomeno menilai kompetisi tersebut memiliki potensi menarik.

European Super League diumumkan pada 18 April 2021 oleh 12 tim penggagas, antara lain Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Chelsea, Juventus, Inter Milan, serta AC Milan. Kompetisi ini dianggap sebagai tandingan dari Liga Champions dan dapat menguntungkan para peserta secara finansial.

Banyak dari penggemar menolak ide European Super League karena dinilai eksklusif dan hanya mengejar keuntungan semata. UEFA juga mengecam gagasan kompetisi ini dan mengancam ke-12 tim dengan sanksi berat, termasuk pencoretan dari ajang Liga Champions.

Penolakan dari fans dan ancaman UEFA membuat sembilan klub penggagas menarik diri dari European Super League. Kini hanya Real Madrid, Barcelona dan Juventus yang masih bertahan dengan proyek tersebut.

Dukungan kepada European Super League turut diberikan oleh eks bomber Timnas Brasil, Ronaldo Nazario. Jawara Piala Dunia 2002 itu menyebut European Super League sebagai kompetisi yang justru bakal menarik buat para penggemar.

"Jika melihat ide Super League, itu bukan gagasan yang buruk. Para penggemar jelas ingin menonton laga-laga penting," kata Ronaldo kepada The Athletic, Kamis (23/9/2021).

"Pencinta sepak bola seperti kami ingin melihat Real Madrid bermain melawan Milan atau Inter, City dan PSG. Untuk bisa menonton pertandingan-pertandingan ini tanpa harus menunggu fase perempatfinal atau semifinal," sambungnya.

Ronaldo Luiz Nazario de LimaLegenda Timnas Brasil, Ronaldo Luiz Nazario de Lima (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)

"Hari ini para penggemar sangat berkomitmen. Kami telah melihat protes terhadap Super League di Inggris, mungkin karena itu tidak dijelaskan dengan baik atau diimplementasikan dengan buruk,".

"Saya pikir ada potensi (untuk proyek) dan bahwa, dalam waktu dekat, akan ada inovasi untuk klub dan penggemar. Klub harus bertemu guna meningkatkan produk kami, menawarkan kondisi yang lebih baik dan mengusulkan pertandingan terbaik," demikian kata Ronaldo Nazario perihal European Super League.



Simak Video "Prediksi Real Madrid vs Barcelona Bareng PRMI dan Indobarca Palembang"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/adp)