Porto Vs Liverpool: The Reds Pesta Gol 5-1

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 29 Sep 2021 03:57 WIB
Jakarta -

Liverpool pulang dengan poin penuh dari lawatan ke markas Porto di lanjutan Liga Champions. The Reds menang telak 5-1.

Laga Porto vs Liverpool di matchday 2 Grup B Liga Champions digelar di Estadio do Dragao, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB. Tim tamu yang tampil dominan sejak awal menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 berkat gol Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Di paruh kedua, Liverpool tak mengendur meski sudah unggul. Pasukan Juergen Klopp itu menambah keunggulan lewat gol kedua Salah dan Roberto Firmino yang juga bikin dua gol. Sementara Porto hanya bikin satu gol balasan lewat sundulan Mehdi Taremi.

Dengan kemenangan ini, Liverpool memimpin klasemen Grup B dengan enam poin. Sementara Porto baru mengumpulkan satu poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Liverpool membuka keunggulan pada menit ke-18. Mohamed Salah mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Liverpool memimpin 1-0.

Gol ini berawal dari Curtis Jones yang melakukan tusukan dari kiri dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Bola ditepis oleh Diogo Costa, tapi bola muntah dengan mudah dimanfaatkan oleh Salah.

Liverpool kembali mengancam pada menit ke-26. Andy Robertson yang bekerja sama di sisi kiri melepaskan umpan tarik kepada Diogo Jota. Jota melepaskan tembakan yang diblok pemain Porto, sebelum kembali menyambar bola muntah yang kali ini ditepis oleh Costa.

Liverpool tampil dominan sejak unggul 1-0. Sebaliknya, Porto kesulitan menciptakan peluang.

Sebuah peluang didapat Porto lewat Luis Diaz pada menit ke-38. Diaz mencoba melepaskan tembakan ke arah pojok bawah kanan gawang, tapi sepakannya terlalu lemah dan bola dengan mudah diamankan oleh Alisson.

Liverpool mendapat tendangan bebas pada menit ke-43 menyusul pelanggaran terhadap Mane. James Milner menyodorkan bola kepada Jordan Henderson yang kemudian melepaskan tembakan keras ke arah pojok kanan atas gawang. Upaya Henderson itu memaksa Costa melakukan penyelamatan.

Gol! Liverpool menggandakan keunggulan pada menit ke-45. Umpan silang Milner dari sisi kanan dengan mudah disontek Mane ke dalam gawang.

Liverpool tetap tancap gas di babak kedua meski sudah unggul dua gol. Mane menyodorkan bola kepada Robertson yang masuk ke kotak penalti dari sisi kiri. Robertson melepaskan tembakan ke gawang, tapi masih diblok oleh Costa.

Porto kesulitan menghadapi tekanan Liverpool. Peluang kembali didapat tim tamu, kali ini lewat tembakan Digo Jota. Namun tembakan Jota masih mengarah tepat ke Costa.

Gol! Liverpool menambah keunggulan pada menit ke-60. Salah mencetak gol keduanya di laga ini sekaligus membawa Liverpool unggul 3-0.

Gol ini berawal dari serangan balik yang dilakukan Liverpool dari lapangan tengah yang dimulai oleh Curtis Jones. Dia menggiring bola hingga mendekati kotak penalti sebelum mengoper kepada Salah yang ada di sisi kanan. Salah yang tak terkawal dengan tenang menaklukkan Costa untuk membobol gawang Porto.

Porto menciptakan peluang bagus pada menit ke-63. Diaz melakukan penetrasi dari sisi kiri dan masuk ke kotak penalti Liverpool sebelum melepaskan umpan tarik ke Vitinha. Vitinha menyambar bola, tapi masih bisa diantisipasi oleh Alisson.

Jota mendapat peluang untuk menambah keunggulan Liverpool pada menit ke-64. Robertson melepaskan umpan tarik yang disambar Jota. Bola masih menyamping tipis dari gawang Porto.

Porto memperkecil ketertinggalan pada menit ke-74. Umpan silang Vieira diteruskan Mehdi Taremi dengan sundulan.

Namun Liverpool langsung menambah gol lagi tiga menit kemudian. Roberto Firmino memanfaatkan kesalahan Diogo Costa untuk memberi Liverpool keunggulan 4-1.

Gol ini berawal dari umpan lambung Jones kepada Firmino. Costa yang meninggalkan sarangnya berusaha untuk menghalau bola tapi gagal. Firmino pun melepaskan tembakan ke gawang yang sudah kosong. Meski berusaha mengejar, Costa gagal mencegah bola melewati garis gawang.

Firmino mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-81. Jones melepaskan tembakan mendatar dari depan kotak penalti tapi diblok Cardoso. Bola muntah mengarah ke Firmino yang kemudian memasukkannya ke gawang. Gol sempat dianulir karena offside. Namun, setelah dicek dengan VAR, gol dinyatakan sah.

Susunan Pemain

Porto: Costa, Corona, Pepe (Oliveira 67'), Diaz, Marcano, Martinez, Otavio (Vieira 14'), Sanusi (Wendell 56'), Oliveira (Grujic 46'), Taremi, Uribe (Vitinha 56')

Liverpool: Alisson, Milner (Gomez 67'), Matip, Van Dijk, Robertson, Jones, Fabinho, Henderson (Oxlade-Chamberlain 73'), Salah (Firmino 67'), Jota (Origi 90'), Mane (Minamino 67')

(nds/ran)