Kok Bisa-bisanya Sekelas Messi Rebahan Jaga Tendangan Bebas?

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 29 Sep 2021 09:30 WIB
PARIS, FRANCE - SEPTEMBER 28: Lionel Messi of Paris Saint-Germain lies behind the Paris Saint-Germain wall as they defend a free kick during the UEFA Champions League group A match between Paris Saint-Germain and Manchester City at Parc des Princes on September 28, 2021 in Paris, France. (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
Momen Lionel Messi rebahan di laga PSG vs Man City. (Foto: Matthias Hangst/Getty Images)
Paris -

Di laga Paris Saint-Germain vs Manchester City, ada momen di mana Lionel Messi rebahan untuk menjaga tendangan bebas lawan. Kok bisa-bisanya, sih?

PSG menjamu Manchester City di Parc des Princes, Paris, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB, pada matchday kedua Grup A Liga Champions. Les Parisiens menang 2-0.

Messi turut menyumbang satu gol. Ia menjebol gawang Ederson di menit ke-74, yang menggandakan keunggulan PSG setelah Idrissa Gueye bikin gol lebih dulu.

Messi pun menjadi sorotan di laga itu. Sebab selain tampil bagus dengan bikin gol, pemain Argentina itu total betul membantu menjaga pertahanan timnya.

Itu terlihat di masa injury time. Saat City mendapat tendangan bebas, Messi turut serta coba menghalaunya.

Namun, bukan berdiri menjadi pagar pemain yang menjadi aksi Lionel Messi. Melainkan, pemilik 6 Ballon d'Or itu rebahan di lapangan, di belakang rekan-rekannya yang berdiri menjadi pagar hidup.

Messi rebahan di lapangan, guna mengantisipasi bola bawah sepakan pemain City. Pada akhirnya, Riyad Mahrez sendiri menendang bola melewati pagar betis, dan bolanya bisa ditepis Gianluigi Donnarumma.

PARIS, FRANCE - SEPTEMBER 28: Lionel Messi of Paris Saint-Germain lies behind the Paris Saint-Germain wall as they defend a free kick during the UEFA Champions League group A match between Paris Saint-Germain and Manchester City at Parc des Princes on September 28, 2021 in Paris, France. (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)Lionel Messi rebahan untuk menjaga tendangan bebas ke arah gawang PSG. (Foto: Matthias Hangst/Getty Images)

Aksi Messi itu tentu mendapat sorotan. Rio Ferdinand, pundit BT Sport yang juga eks bek Manchester United, menilai seharusnya Messi tidak diperbolehkan rebahan seperti itu oleh pelatih Mauricio Pochettino.

"Saat Mauricio Pochettino memintanya melakukan itu di tempat latihan, seseorang seharusnya masuk ke sana dan berkata, 'Tidak, tidak, tidak, tidak, tidak, tidak. Ini tidak bisa terjadi pada Leo Messi," kata Ferdinand.

"Tidak tidak tidak tidak. Anda tidak bisa membiarkannya. Itu tidak sopan, Aku tidak akan memperbolehkannya."

"Jika Aku berada di tim itu, Aku harus mengatakan, 'Dengar, Aku yang akan berbaring untukmu. Maaf, Aku tidak bisa membiarkannya berbaring seperti itu. Aku tidak bisa melihatnya. Dia tidak boleh mengotori jerseynya, bukan itu yang seharusnya dilakukan Messi," ujar Ferdinand.

Komentar Ferdinand sendiri merujuk pada status Lionel Messi, sebagai pemain terbaik yang ada di PSG, bahkan di dunia saat ini. Sepanjang kariernya, ratusan gol sudah dicetak, termasuk dari tendangan bebas, yang mana ia memaksa pemain lain juga sampai rebahan untuk menghalau sepakannya.

(yna/krs)