Barca Masih di Liga Champions tapi Sudah Dijagokan Juara Liga Europa

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 02 Okt 2021 16:20 WIB
Soccer Football - Europa League Group Stage Draw - Monaco - August 25, 2017   General view of the Europa League tropy   REUTERS/Eric Gaillard
Foto: Eric Gaillard/REUTERS
Jakarta -

Barcelona menuai hasil buruk dari dua matchday Liga Champions. Bahkan sebuah data yang terindikasi memprediksi Barca terlempar ke Liga Europa karena menempatkannya sebagai favorit juara ajang itu.

Dua kekalahan dituai Barca dari dua laga awal fase grup Liga Champions musim ini. Setelah memulai dengan kekalahan kandang 0-3 dari Bayern Munich, Blaugrana kalah dengan skor yang sama di markas Benfica pada matchday kedua.

Hasil-hasil itu membuat skuad Ronald Koeman kini berkutat jadi juru kunci klasemen Liga Champions di grupnya, tanpa sebiji pun angka. Barca ada di bawah Dynamo Kyiv (1 poin), Benfica (4 poin), dan Bayern (6 poin).

Barcelona masih punya empat pertandingan sisa sehingga peluang lolos pun masih ada. Tapi dengan dua kekalahan di laga awal, termasuk di kandang sendiri, tentu saja ada jalan terjal yang mesti dihadapi.

Situasi tersebut bukan cuma membuat Ronald Koeman digadang-gadang bakal kena pecat dalam waktu dekat, tapi terindikasi bikin analis data FiveThirtyEight memprediksi Barca cuma akan finis ketiga di grup dan masuk Liga Europa.

Dalam paparan prediksi statistik teranyarnya, FiveThirtyEight menempatkan Barcelona di posisi teratas kandidat juara Liga Europa musim ini.

Barcelona diberi 15 persen peluang sampai ke final Liga Europa, setara dengan Napoli, tapi paling favorit juara dengan 9 persen. Unggul tipis dari Napoli yang diprediksi punya peluang juara 8 persen.

Tak cuma Barcelona yang diprediksi akan terlempar dari Liga Champions ke Liga Europa. Posisi-posisi teratas data ini turut menghadirkan RB Leipzig, Porto, dan Atletico Madrid.

Prediksi juara Liga EuropaPrediksi juara Liga Europa Foto: Dok. FiveThirtyEight

(krs/raw)