Saatnya Man City Catatkan Sejarah di Eropa

ADVERTISEMENT

Saatnya Man City Catatkan Sejarah di Eropa

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 26 Apr 2022 04:30 WIB
Manchester -

Manchester City baru bisa menaklukkan Inggris. Agar tak dicap jago kandang, Citizens wajib juga berprestasi di level Eropa.

Sejak diambil alih Sheikh Al Mansour pada 2009, City memang mulai menunjukkan kekuatannya di Inggris. Dengan kekuatan ekonomi, City mampu membentuk tim bintang.

Prestasinya pun tak kaleng-kaleng karena City mampu lima kali menjuarai Liga Inggris, merebut dua trofi Piala FA, dan enam kali menjuarai Piala Liga Inggris.

City juga beberapa kali memecahkan rekor sepakbola Inggris lewat sederet pemain bintang yang dimiliki. Tapi, prestasi City di level domestik belum berbanding lurus dengan di Eropa.

City ternyata masih kesulitan untuk berbicara banyak di Benua Biru. Di era Mansour, City baru tiga kali lolos ke semifinal Liga Champions termasuk dua tahun terakhir, dan sekali melaju ke final.

Tapi, belum ada gelar juara bisa didapat termasuk kekalahan dari Chelsea musim lalu. Maka dari itu, City ingin membukukan sejarah baru di kejuaraan antarklub Eropa musim ini.

City lagi-lagi melaju ke semifinal dan kali ini berhadapan dengan Real Madrid yang merupakan raksasa Benua Biru, lewat 13 gelar Piala/Liga Champions.

City memang belum bisa menandingi keperkasaan Madrid di Eropa. Namun, City bisa memulai dengan mengalahkan Madrid demi mencatatkan sejarahnya sendiri di sana.

"Jika kami ingin bersaing soal sejarah, maka kami bakal kalah. Sejarah mereka sudah membuktikannya," ujar manajer Man City Pep Guardiola di France24.
'
"Kami harus punya hasrat besar untuk bersaing dengan mereka. Menghadapi Real Madrid itu ujian besar. Kami ingin mencobanya. Kami harus menderita agar tetap solid dan ketika menguasai bola harus menyerang," sambungnya.

"Sama saja jika kami bertemu Bayern Munich atau Barcelona, dua tim yang sudah sering lolos ke babak ini. Kami belum ada di sini 10 tahun lalu dan sekarang lihatlah. Ini jadi pelajaran bagus untuk masa depan."

(mrp/yna)