ADVERTISEMENT

Real Madrid Menangi Piala Super Eropa Kelima, Ancelotti Ukir Rekor

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 11 Agu 2022 05:45 WIB
Jakarta -

Real Madrid tampil sebagai pemenang Piala Super Eropa 2022 usai mengalahkan Eintracht Frankfurt. Ini titel kelima Los Blancos, menyamai catatan dua klub top.

Titel Piala Super Eropa diraih Real Madrid usai menang 2-0 atas Frankfurt di Helsingin Olympiastadion, Helsinki, Kamis (11/8/2022) dini hari WIB. David Alaba membuka keunggulan di babak pertama, yang ditegaskan Karim Benzema pada babak kedua.

Gelar juara ini menjadi pembuka yang manis untuk Madrid menyambut musim 2022/2023. Mereka akan mengejar empat titel lainnya (Piala Super Spanyol, LaLiga, Copa del Rey, dan Liga Champions) sementara Piala Dunia Antarklub masih menunggu kepastian FIFA terkait perubahan format.

Dengan kemenangan atas Eintracht Frankfurt, Real Madrid kini menyusul catatan Barcelona dan AC Milan sebagai pemilik gelar Piala Super Eropa terbanyak. Ketiganya sama-sama mengoleksi lima titel, dengan Madrid sebelumnya juara pada 2002, 2014, 2016, 2017.

Sukses Madrid ini turut mengantarkan sang pelatih, Carlo Ancelotti, ke sebuah rekor. Entrenador asal Italia itu menjadi pelatih dengan titel Piala Super Eropa terbanyak setelah empat kali juara. Ancelotti sebelumnya sejajar dengan Pep Guardiola dengan tiga trofi.

Madrid juga meneruskan dominasi tim-tim Spanyol di kompetisi ini. Klub-klub Spanyol total sudah 16 kali juara, nyaris dua kali lipat sukses klub-klub Inggris dan Italia yang berada di urutan selanjutnya dengan masing-masing sembilan kali menang.

(raw/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT