Liga Champions: Real Madrid Satu-Satunya Wakil Spanyol di 16 Besar

ADVERTISEMENT

Liga Champions: Real Madrid Satu-Satunya Wakil Spanyol di 16 Besar

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 27 Okt 2022 08:20 WIB
MADRID, SPAIN - OCTOBER 05: Real Madrid squad poses for team photo during the UEFA Champions League group F match between Real Madrid and Shakhtar Donetsk at Estadio Santiago Bernabeu on October 5, 2022 in Madrid, Spain. (Photo by Alvaro Medranda/Eurasia Sport Images/Getty Images)
Real Madrid satu-satunya wakil Spanyol yang melaju ke 16 besar Liga Champions. Foto: Getty Images/Eurasia Sport Images
Jakarta -

Liga Champions 2022/2023 menghadirkan sejarah baru. Sejak format 16 besar berganti ke sistem gugur, baru pertama kali Spanyol cuma punya satu wakil.

Matchday kelima Liga Champions sudah tuntas. 12 sejauh ini memastikan diri melaju ke babak 16 besar, namun dari jumlah tersebut cuma Real Madrid satu-satunya wakil Spanyol yang bisa melangkah dan tinggal berjuang mengunci status juara Grup F.

Sevilla telah tersingkir meski mampu mengalahkan Copenhagen 3-0 karena di tempat berbeda Manchester City vs Borussia Dortmund berakhir imbang 0-0. Sevilla cuma bisa mengunci posisi ketiga Grup G karena saat ini baru mengumpulkan lima poin, yang artinya hijrah ke Liga Europa.

Barcelona juga terlempar dari Liga Champions ke Liga Europa. Tim besutan Xavi Henandez itu memastikan diri duduk di posisi ketiga Grup C setelah Inter Milan mengalahkan Viktoria Plzen.

Selepas laga Inter, Barcelona tumbang 0-3 dari Bayern Munich. Di sisi lain, Blaugrana tetap tak bisa melaju jika mampu mengalahkan Die Roten.

Atletico Madrid menjadi tim Spanyol yang gagal secara tragis usai imbang 2-2 melawan Bayer Leverkusen. Los Colchoneros sebetulnya punya peluang untuk menang meski wasit sudah meniup peluit akhir.

Video Assistant Referee (VAR) mengecek potensi penalti akibat handball oleh pemain Leverkusen dan tendangan 12 pas diberikan! Atletico mendapatkan penalti.

Namun sial buat mereka, eksekusi Yannick Carrasco terbaca oleh Lukas Hradecky dan upaya Saul Niguez menyambar bola rebound cuma membentur mistar gawang, dengan sambaran ketiga dari pemain Atletico terhalau di depan garis gawang.

Ini menjadi sejarah baru di Liga Champions sejak babak 16 besar untuk kali pertama dipakai dengan sistem gugur pada 2003/2004. Spanyol cuma punya satu wakil pada fase 16 besar, yakni Real Madrid.




(ran/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT