DetikSport
Kamis 18 Mei 2017, 16:52 WIB

Menggeliatkan Gairah Asian Games 2018 Lewat Pameran Olahraga

Yanu Arifin - detikSport
Menggeliatkan Gairah Asian Games 2018 Lewat Pameran Olahraga Foto: Yanu Arifin/detikSport
Serpong - Asian Games di Indonesia baru akan digelar 2018. Untuk menggaungkannya, berbagai cara dilakukan. Salah satunya dengan pameran yang bertajuk Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF)

Selaku tuan rumah, Pemerintah Indonesia sudah punya program sosialisasi Asian Games lewat Indonesia Asian Games 2018 Organize Comitee (INASGOC).

Namun untuk lebih menyemarakkannya, ada banyak acara yang digelar dari pihak masyarakat. Salah satunya adalah pameran olahraga.

Bertempat di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Tangerang, Kamis (18/5/2017), Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) 2017 resmi dibuka sebagai salah satu bentuk promosi itu.

Acara tersebut adalah pameran produk olahraga serta diskusi dari sisi industri olahraga. Mengusung tema All in One Sport Product, delapan kategori diperkenalkan yakni Stadium and venue, sport tourism, outdoor and adventure, water sport, action and extreme sport, sport fashion dan fitness and running.

Secara simbolik, pameran ini dibuka oleh Deputi Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Washington. Beliau mewakili Menteri Imam Nahrawi yang berhalangan hadir.

"Dengan ini 2nd Indonesia Sport Expo dinyatakan resmi dibuka," ucap Washington di atas panggung acara.

Turut hadir pula perwakilan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Indonesia serta pejabat daerah.

Suasana ISEFSuasana ISEF (Foto: Yanu Arifin/detikSport)


Meski lebih bersifat industri, Kementerian Pemuda dan Olahraga berharap pameran ini bisa lebih meningkatkan promosi perihal Asian Games 2018.

"Event ini juga menarik sebenarnya untuk menyelenggarakan event dikawinkan dengan event lain. Kami sendiri ada beberapa yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangkan sport expo seperti ini," ucap Deputi Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi, Washington, dalam pidato pembukaan acara.

"Khususnya 2018 mudah-mudahan sinergi ini bisa terus dikembangkan sehingga baik di Palembang Jakarta maupun Jawa Barat Banten geliat promosi Asian Games bisa lebih dimaksimalkan dengan acara expo semacam ini," lanjutnya.

Selain bentuk promosi Asian Games tahun depan, ISEF 2017 juga ditargetkan menjadi pijakan awal untuk melebarkan sayap bisnis olahraga di Indonesia. Sebab masyarakat daerah dinilai masih kesulitan dalam membeli produk-produk olahraga.

"Mungkin ke depan kami dari Kemenpora akan berpikir bagaimana sinerginya lebih baik untuk event berskala nasional karena ini sangat baik sekali untuk memperkenalkan produk," lanjut Washington yang hadir mewakili Menteri Imam Nahrawi.

"Sampai sekarang kami sedang berpikir bagaimana produk olahraga ini masuk e-catalog, kelemahannya adalah olahraga belum dikenal orang sehingga masyarakat daerah agak sulit mengetahui produk apa saja yang bisa dibeli dan ini sedang kami diskusikan dengan LKPP."

"Mudah-mudahan lebih besar dan bisa menyebar tidak hanya di Jakarta tapi ke daerah lain. Demikian, salam dari Pak Menteri, semoga sukses dengan demikian akan meningkatkan ekonomi kreatif kita dengan event-event semacam ini," lanjutnya.

Selain menampilkan produk olahraga, acara ini juga menyelenggarakan forum diskusi yang membahas berbagai strategi dari pemangku kepentingan pembangunan fasilitas olahraga.

Tahun ini, ISEF mengalami peningkatan jumlah peserta dari sebelumnya 40 menjadi 74. Acara berlangsung mulai hari ini sampai Minggu (21/5/2017). Para pengunjung yang datang bisa mencoba berbagai alat olahraga yang tersedia di booth. Selain itu juga ada perlombaan yakni dari cabang roller skate dan binaraga.

ISEF 2017 digelar sejak hari ini sampai Minggu (21/5/2017).
(din/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed