detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 08 Jan 2020 23:37 WIB

Menpora Jamin Peraih Emas dari Nomor Ekshibisi SEA Games Dapat Bonus, tapi ...

Mercy Raya - detikSport
Menpora Zainudin Amali juga menginginkan peraih emas nomor ekshibisi SEA Games 2019 diberi bonus. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Menpora Zainudin Amali menjamin peraih medali di cabang ekshibisi SEA Games 2019 tetap mendapat bonus. Tapi Zainudin menginginkan dukungan administrasi.

Atlet dance sport Dwi Cindy Desyana menjadi salah satu peraih medali emas SEA Games 2019 yang tidak mendapat bonus dari pemerintah. Nomor women breaking dari cabang dance sport yang diikuti Dwi tidak masuk dalam klasemen karena hanya diikuti dua komite olahraga. Dwi berharap agar bonus itu tetap cair karena dia tak pernah diberi tahu soal medali ekshibisi.


Merespons keinginan itu, Amali mengaku terkejut tapi secara prinsip dia tak akan mendiskriminasi atlet peraih medali untuk mendapatkan bonus.

"Kami juga kaget. Saya tidak tahu kenapa negara lain mundur (tak ikut) dan ketahuan setelah di sana. Sehari setelah opening baru dikasih tahu ekshibisi," kata Amali kepada detikSport, Rabu (8/1/2019).

"Saya sudah meminta Pak Sesmen (Gatot S. Dewa Broto) untuk menanyakan kepada NOC dan CdM. Prinsip kami jika ada pegangan administrasi akan kami lakukan (berikan bonus). Sebab kasihan (atletnya). Ini bukan kesalahan dia dan pastinya pemerintah tak akan membuat diskriminasi, terlantar, tidak. Tapi kami memang harus hati-hati karena akan jadi temuan (jika tak ada back up-nya)," dia menjelaskan.


"Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga pasti tidak mau tahu. Tetap harus ada dukungan administrasi untuk pengeluaran anggaran yang diberikan atlet,"

"Maka itu, kami tunggu dari NOC seperti apa karena yang berhubungan langsung dengan panitia adalah NOC. Jika sudah ada surat maka itu yang menjadi pegangan kami," tambahnya.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com