detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 26 Feb 2020 00:30 WIB

Jadi Ketum FPTI, Yenny Wahid Bikin Program 100 Dinding Panjat

Mercy Raya - detikSport
Yenny Wahid dilantik sebagai Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Yenny Wahid dilantik sebagai Ketua Umum FPTI. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

Yenny Wahid didapuk menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) periode 2019-2023. Dia berencana bangun 100 dinding panjat.

Yenny bersama pengurus PP FPTI dilantik Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman Selasa (25/2/2020) sore. Acara juga disaksikan Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, serta Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari.

"Memang ada permintaan dari teman-teman untuk saya ikut membantu berkiprah memajukan olahraga panjat tebing. Secara pribadi saya sendiri memang suka dengan olahraga panjat tebing, walaupun saya tidak bisa memanjat," tutur Yenny usai dilantik.

Yenny pun langsung mengungkapkan program pertamanya, yakni membuat 100 dinding panjat. Pembangunan ini juga sekaligus mencari bibit-bibit pemanjat untuk masuk tim nasional.

"Kami ingin mencari langsung bibit unggul sampai ke sekolah-sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD). Jadi mulai dari SD kami akan membangun dinding-dinding baru di seluruh Indonesia. Target kami bangun 100 dinding dalam kepengurusan ini," kata Yenny, usai dilantik kepada pewarta.

"Hal ini juga turut menggairahkan masyarakat untuk gemar pada olahraga panjat ini. Jika ada fasilitasnya anak-anak muda akan lebih terasah kemampuannya. Nah, dari sana kami bisa melihat siapa yang punya talenta lebih dan bisa direkrut sebagai atlet pelatnas," dia menambahkan.

Sementara itu, untuk atlet pelatnas saat, Yenny berharap pemusatan latihan bisa segera dimulai. PP FTI telah mengajukan anggaran kepada Kemenpora sekitar Rp 27 miliar.

"Sebentar lagi mereka akan latihan di pelatnas. Awal Maret target saya sudah mulai. Saya ingin mengirim mereka ke Jepang karena di sana banyak dinding dan tebing yang fasilitasnya jauh memadai." ucapnya.

Yenny akan memanggil empat pepanjat putra dan tiga pepanjta putri untuk fokus berlatih di Mandala Krida, Yogyakarta. Aries Susanti dkk. akan disiapkan untuk mengikuti Kejuaraan Panjat Tebing Asia di Korea Selatan, yang termasuk dalam kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo pada Mei mendatang.

"Kami akan membantu mereka untuk memaksimalkan peluang di Olimpiade," tuturnya.



Simak Video "Bertemu Mahfud, Yenny Wahid Bahas Penanggulangan Ekstremisme"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com