detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 23 Mar 2020 15:20 WIB

Kanada Mundur dari Olimpiade 2020, Indonesia Bagaimana?

Mercy Raya - detikSport
Virus corona masih jadi perhatian serius warga dunia. Jumlah korban tewas yang tembus angka 2 ribu orang secara global ancam penyelenggaraan Olimpiade di Tokyo. Kanada Mundur dari Olimpiade 2020, Indonesia Bagaimana? (Foto: Getty Images/Tomohiro Ohsumi)
Jakarta -

Kanada sudah memastikan mundur dari Olimpiade 2020 sebagai imbas dari pandemi virus Corona. Lantas bagaimana dengan kontingen Indonesia?

Olimpiade dijadwalkan bergulir 24 Juli-9 Agustus di Tokyo, Jepang. Empat bulan sebelum digelar, muncul berbagai spekulasi soal pelaksanaan multievent terbesar di dunia tersebut; apakah bergulir sesuai jadwal atau ditunda hingga tahun depan.

International Olympic Committee (IOC) telah menyatakan bahwa keputusan resmi, apakah Olimpiade Tokyo 2020 ditunda atau tidak, baru akan diambil empat pekan lagi atau sekitar awal Mei. Opsi penundaan pun mulai dipertimbangkan.

Namun, dengan tegas Kanada sudah memastikan tahun ini tidak bakal mengirim atlet ke pesta olahraga multiacabang terakbar empat tahunan tersebut.

"#Tim Kanada tidak akan mengirimkan atletnya ke Olimpiade 2020 karena berisiko virus corona," cuit akun Twitter @Team Canada.

Bukan tak mungkin langkah tegas Kanada itu berdampak pada kontingen negara lain, termasuk Indonesia. Sehubungan dengan ini, Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyerahkan seluruh keputusan kepada IOC.

"NOC sepenuhnya memberikan kepercayaan kepada IOC untuk membuat keputusan terkait Olympic Games Tokyo karena kami percaya mereka pasti memikirkan yang terbaik untuk atlet," kata Oktohari dalam pesan singkatnya kepada pewarta, Senin (23/3/2020).

"Pada prinsipnya IOC juga meminta dukungan dari NOC se-Asia terkait jadwal Olimpiade belum ada perubahan dan masih akan melihat perkembangan ke depan," ujar dia menegaskan.



Simak Video "Geger Corona, Bagaimana Nasib Kontingen RI Untuk Olimpiade Tokyo? "
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com