detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 11 Okt 2020 16:54 WIB

Hendra Purnama Cs Siap Gantikan Seniornya di Olimpiade?

Mercy Raya - detikSport
Atlet panahan recurve putra Indonesia Riau Ega Agatha (kedua kanan), Hendra Purnama (kiri), Ryan Rafi Adiputri (kedua kiri) dan Arif Dwi Pangestu mengikuti pelatnas SEA Games 2019 di Lapangan Panahan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Sebanyak 16 atlet panahan Indonesia akan bertanding dalam SEA Games 2019 Filipina pada Desember mendatang. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama. Ilustrasi pelatnas panahan, atlet muda siap jadi andalan di Olimpiade. (Foto: Sigid Kurniawan/ama/Antara)
Jakarta -

Manajer tim pelatnas panahan, Izzu Farhan Fajri, menyatakan progres atlet muda meningkat. Mereka siap gantikan seniornya di Olimpiade Tokyo.

PP Perpani memutuskan untuk mencoret Riau Ega dan Diananda Choirunisa, peraih tiket Olimpiade recurve putra dan putri, untuk mengikuti pemusatan latihan menuju Tokyo. Nasib serupa juga dialami Asiefa Nur Haenza. Pemicunya karena pelatih Jawa Timur, Deni Trisyanto, tak lolos seleksi pelatih pelatnas Olimpiade.

Perpani kemudian melakukan seleksi untuk mencari pengganti Ega dan Diananda, juga mengisi kuota delapan atlet pelatnas. Hasilnya muncul tiga nama.

"Pengganti Riau Ega itu sebenarnya Hendra (Purnama), sedangkan kekosongan 1 atlet putra diisi Hanif Wijaya dari Jambi. Untuk putri diisi oleh Dela Berliana Hartanto dan Rezza Octavia dari Papua," kata manajer pelatnas panahan, Izzu Farhan Fajri, kepada detikSport, Minggu (11/10/2020).

Merujuk pada pengalaman bertanding keempat pepanah tersebut, Hanif dan Hendra memiliki jejak rekam lumayan. Hanif pernah menjadi wakil Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016. Namun langkahnya langsung terhenti di babak 64 besar.

Sedangkan Hendra merupakan peraih medali emas SEA Games 2019 Manila dan sudah tiga kali terjun di multiajang olahraga tahunan tersebut. Sebelumnya, ia juga pernah turun di Olimpiade bersama Hanif dan Riau Ega, tapi terhenti di babak 32 besar. Sementara Riau lolos 16 besar.

Di bagian sektor putri, Della dan Rezza termasuk pepanah muda yang lolos seleksi setelah memenuhi kriteria Perpani. Namun, belum banyak pengalaman.

Menyoal itu, Perpani tak khawatir. Toh, selama pelatnas mereka dinilai sudah menunjukkan progres yang sangat positif dan berpotensi besar berkembang lebih baik lagi menatap Olimpiade Tokyo.

"Dengan usia masih muda kami yakin insya Allah mereka dapat mencapai prestsi yang lebihbaik dari sebelumnya," tutupnya.



Simak Video "Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditunda Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com